Apa yang dimaksud dengan Microsoft Office?

Microsoft Office adalah perangkat lunak komputer jenis baru yang paling terkenal terutama untuk perangkat kantor. Perangkat kantor rnenjadikan aplikasi komputer utama yang diperlukan dalam dunia perkantoran yang lazim baik dalam bidang bisnis maupun Teknik dalam suatu paket tunggal.

Microsoft Office 97 hadir sebagai kelompok program aplikasi yang telah mengalami perubahan dan hampir mencapai kesempurnaan, karena didalamnya telah terkandung berbagai macam kebutuhan pengolahan data yang dibutuhkan diberbagai sektor kerja.

Disamping pengembangannya sebagai program aplikasi, Office 2000 dibuat ramping dengan mengurangi berbagai program yang tidak efisien serta menambahkan fasilitas baru, seperti akses langsung dan layar edit untuk mengirimkan surat elektronik (e-mail) serta integrasi langsung ke internet.

Selama dalam pengetikan dengan menggunakan program-program aplikasi Office 97, seperti Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Access serta Powerpoint, kita akan dipandu oleh office assitant, yaitu menu bantu dengan gaya baru dan tidak membuat kita bosan untuk melihatnya karena menu ini seperti seorang asisten pribadi layaknya serta dirancancang dengan model animasi bergerak. Seperti halnya Microsoft Office 4.3 dan 7.0, Office 97, Office 2000 juga dflengkapi dengan Office Shortcut bar yang terdapat dibagian atas Iayar desktop. Office Shortcut Bar ini digunakan untuk mempermudah anda mengoperasikan aplikasi yang terdapat didalamnya.

Seperti halnya Microsoft Office 4.3 dan 7.0, Office 97, Office 2000 juga dilengkapi dengan Office Shortcut bar yang terdapat dibagian atas layar desktop. Office Shortcut Bar ini digunakan untuk mempermudah anda mengoperasikan aplikasi yang terdapat didalamnya.

Sebagian dan keunggulan Office 2000 adalah sangat mudah untuk dipelajari karena seluruh kegiatan dan perintah yang terdapat didalam program-program aplikasinya menggunakan sistem
Graphic User interface dan dengan sistem ini kita dipandu dengan gambar/grafik yang melambangkan suatu perintah. Misalnya; Jika kita ingin mencetak hasil kerja, kita tinggal meng-klik gambar/icon yang berbentuk printer (mesin cetak) atau kali kita ingin menyimpan hasil kerja, kita cukup meng-klik gambar/icon yang berbentuk disket, dll.



Seluruh paket yang terdapat didalam Office 2000 ini banyak sekali, tetapi yang akan dipelajari hanya bagian-bagian yang sering digunakan dilapangan kerja saja, seperti:


  • Microsoft Word 2000, yaitu program aplikasi pengolah kata; digunakan biasanya untuk mengedit dokumen teks seperti surat, agenda, diktat, skripsi dan lain-lain.
  • Microsoft Excel 2000, yaitu program aplikasi spread sheet (lembar kerja elektronik); digunakan sebagai pengolah data keuangan, eksakta, statistik, grafik dsb
  • Microsoft Access 2000, yaitu program pengolah database
  • Microsoft Powerpoint 2000, yaitu program aplikasi yang diperuntukkan sebagai media presentasi.


Daftar Pustaka : R &D IPIGROUP