Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia meliputi: keadaan alam (tempat), peradaban/kebudayaan, agama, dan adat istiadat. 

a. Keadaan Alam 
Keadaan alam, tempat di mana masyarakat hidup, akan mempengaruhi jenis barang dan atau jasa yang dibutuhkan. Contohnya, barang dan atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan akan berbeda dengan yang dibutuhkan oleh ruagyarakat yang tinggal di daerah pantai. 
Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan cenderung memakai pakaian yang tebal dan menyantap makanan yang hangat dan berkadar lemak tinggi. Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah pantai kurang membutuhkan pakaian yang tebal dan cenderung menyukai makanan yang segar dan minuman dingin. 

b. Peradaban atau Kebudayaan 
Peradaban atau kebudayaan juga memengaruhi kebutuhan manusia. Peradaban manusia terus meningkat dari masa ke masa. Sesuai dengan kemajuan peradaban, kebutuhan manusia terus berubah dan berkembang. Misalnya, kebutuhan akan sarana transportasi berkembang dari kebutuhan akan angkutan yang sekedar membantu manusia bepergian sampai pada kebutuhan akan angkutan yang sangat cepat dan aman. 

c. Agama dan Adat Istiadat 
Agama dan adat istiadat akan memengaruhi jenis barang dan atau jasa yang dibutuhkan oleh manusia. Contohnya umat Islam dalam menjalankan ibadah memerlukan perlengkapan sholat seperti sajadah dan rukuh. Umat Kristen/Katolik menjelang perayaan Natal membutuhkan pohon Natal beserta perlengkapannya. 


Karena kebutuhan manusia bermacam-macam dan selalu meningkat, maka hampir tidak mungkin orang dapat memenuhi semua jenis kebutuhannya. Meskipun demikian, manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhannya sebanyak mungkin. Suatu keadaan yang men-unjukkan semua kebutuhan dapat dipenuhi disebut kemakmuran. 

Daftar Pustaka : Erlangga