Hakikat Sosiologi

Apabila sosiologi ditelaah dari sudut hakikatnya, akan tampak dapat membantu memberikan gambaran untuk menetapkan ilmu pengetahuan macam apakah sosiologi itu. Adapun hakikat sosiologi, antara lain sebagai berikut.

1. Sosiologi adalah suatu ilmu sosial karena mempelajari tentang masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Selain itu, sosiologi mempelajari perilaku dan interaksi kelompok, menelusuri asal usul pertumbuhannya, serta menganalisis pengaruh kegiatan kelompok terhadap anggotanya.

2. Sosiologi bukan merupakan disiplin ilmu yang normatif, melainkan suatu disiplin yang kategoris. Artinya, sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi dewasa ini, bukan mengenai apa yang terjadi atau seharusnya terjadi. Sosiologi tidak menetapkan ke arah mana sesuatu seharusnya berkembang dalam arti memberikan petunjuk-petunjuk yang menyangkut kebijaksanaan kemasyarakatan dari proses kehidupan bersama.

3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan inurni (pure science). Adapun yang dimaksud pure science adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secafa abstrak serta hanya untuk mempertinggi mutu. Tujuan sosiologi adalah untuk mendapatkan pengetahuan sedalam-dalamnya tentang masya-rakat dan bukan untuk mempergunakan pengetahuan tersebut terhadap masyarakat.


4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuan yang konkret. Artinya, yang diperhatikan dalam sosiologi adalah bentuk dan pola-pola peristiwa dalam masyarakat.

5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hukum umum dari interaksi antarmanusia.

6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan" empiris dan rasional dilihat dari metode yang digunakan, artinya sosiologi didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya ticlak bersifat spekulatif.

7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum. Artinya, sosiologi mempelajari gejala yang umum dan selalu ada pada setiap interaksi antarmanusia.

Daftar Pustaka : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri