Hasil Pertanian dan Peternakan di Indonesia

Hasil Pertanian

a. Padi 
Tanaman padi diperkirakan berasal dari Bangladesh, Asia Selatan. Padi yang digiling menjadi beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Beberapa daerah penghasil beras di Indonesia adalah Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. 

b. Jagung 
Beberapa daerah penghasil jagung terdapat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. 

c. Karet
Daerah penghasil karet antara lain Alas (Nanggroe Aceh Darussalam), Deli Serdang, Simalungun, Langkat, Labuhan Batu (Sumatra Utara), serta Banyumas (Jawa Tengah). 

d. Kopi
Beberapa daerah yang menghasilkan kopi ialah Deli Serdang, Tapanuli (Sumatra Utara), Bukit Barisan (Bengkulu), serta Besuki dan Malang (Jawa Timur). 

e. Kapas
 Beberapa daerah penghasil kapas adalah Banten, Priangan, Bogor, Cirebon (Jawa Barat), Asembagus dan Kediri (Jawa Timur), Pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Timur), dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

f. Tembakau 
Beberapa daerah penghasil tembakau adalah Deli Serdang (Sumatra Utara), Klaten (Jawa Tengah), dan Bojonegoro (Jawa Timur). 

Hasil Peternakan 

Usaha peternakan di Indonesia masih diusahakan secara sampingan namun beberapa daerah di Indonesia sudah mulai mengembangkan sumber ::aya alam hewani. Jenis hewan yang diternakkan biasanya berupa sapi, kerbau, kambing, unggas, dan perikanan. 

a. Sapi 
Ternak sapi banyak diusahakan di daerah Bali, Madura dan Malang (Jawa Timur), Sumba (Nusa Tenggara Barat), Lembang (Jawa Barat), dan Boyolali (Jawa Tengah). 

b. Kerbau 
Ternak kerbau banyak diusahakan di daerah Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Jawa Tengah. 

c. Kambing 
Ternak kambing hampir tersebar di seluruh Indonesia. Peternakan kambing yang terbesar terdapat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. 

d. Unggas 
Yang termasuk hewan unggas adalah ayam, itik, dan burung. Ternak unggas yang paling banyak diusahakan adalah ayam dan itik. Ternak unggas terdapat di seluruh Indonesia terutama ternak ayam yang paling banyak diusahakan oleh keluarga. Dalam peternakan unggas ini dikenal istilah longyam (balong dan ayam), yaitu beternak unggas di atas kolam peternakan ikan. Peternakan ikan di Indonesia masih diusahakan secara sampingan sehingga usaha perikanan digabungkan dengan unggas. Ada juga masyarakat yang mengusahakan perikanan secara serius.


Daftar Pustaka : Yudhistira