Manfaat Sosiologi

Karena selalu berinteraksi dengan orang lain. Kita juga merupakan manusia berbudaya yang memiliki norma, nilai, dan tradisi. Selama hidup, kita senantiasa berinteraksi dengan orang lain meskipun dalam berinteraksi itu kadang-kadang timbul konflik. 

Berikut ini beberapa manfaat mempelajari sosiologi. 

1. Dengan mempelajari sosiologi, akan dapat melihat dengan lebih jelas siapa diri kita, baik sebagai pribadi maupun anggota kelompok atau masyarakat. 

2. Sosiologi membantu untuk mampu mengkaji tempat kita dalam masyarakat. Selain itu, dapat melihat "dunia" atau "budaya" lain yang belum kita ketahui sebelumnya. 

3. Dengan bantuan sosiologi, kita akan makin memahami pula norma, tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lain. Selain itu, kita mampu memahami perbedaan-perbedaan yang ada tanpa menjadikan alasan untuk timbulnya konflik di antara anggota masyarakat yang berbeda. 

4. Sebagai generasi penerus dengan mempelajari sosiologi membuat kita lebih tanggap, kritis, dan rasional menghadapi gejala-gejala sosial masyarakat yang makin kompleks dewasa ini. Selain itu, kita akan mampu bersikap dan bertindak tepat dan akurat terhadap setiap situasi sosial yang kita hadapi sehari-hari.


Daftar Pustaka : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri