Manfaat Sumber Daya Alam di Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, namun harus dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Sumber daya alam tidak boleh digunakan secara berlebihan karena sumber daya alam adalah warisan untuk anak cucu. Jika sekarang digunakan semua, yang menanggung kerugian adalah generasi yang akan datang. Generasi selanjutnya akan kehabisan sumber daya alam. 

1. Sumber Daya Alam Nabati
 Jenis sumber daya alam nabati banyak terdapat di sekitar kita. Kita sering memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, baik sebagai makanan dan minuman atau untuk membangun rumah. Pohon kelapa misalnya, mulai dari batang, pelepah, daun yang muda maupun tua, sampai lidinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tanaman teh dapat dimanfaatkan daunnya sebagai bahan minuman. Tanaman singkong juga dapat dimanfaatkan akarnya untuk bahan makanan. 

2. Sumber Daya Alam Hewani 
Jenis sumber daya alam hewani juga banyak dimanfaatkan oleh manusia. Hewan yang banyak dimanfaatkan adalah jenis hewan ternak. Sumber daya alam hewani diman-faatkan daging, susu, atau tenaganya. Hewan yang dimanfaatkan dagingnya misalnya sapi, kambing, ikan, dan ayam. Hewan yang diman-faatkan tenaganya misalnya kerbau dan kuda. Hewan yang dimanfaatkan telurnya misalnya ayam, itik, dan burung puyuh. Sapi jenis tertentu dapat diambil susunya untuk memenuhi kebutuhan manusia. 

3. Sumber Daya Alam Hasil Tambang 
Jenis sumber daya alam berupa hasil tambang bukan hal yang asing lagi. Manusia memanfaatkan hasil tambang untuk kesejahteraannya. Menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia (UU No 11/1967), barang tambang atau barang galian dikelompokkan menjadi 3 golongan seperti berikut. 

a. Barang Tambang Golongan A 
Barang tambang golongan A ialah bahan galian strategis yang penting untuk strategi keamanan dan perekonomian negara.Yang termasuk barang tambang jenis ini yaitu minyak bumi, gas alam, batu bara, besi, bauksit, tembaga, nikel, timah, dan aluminium. 

b. Barang Tambang Golongan B
 Barang tambang golongan B  ialah bahan galian vital yang penting untuk kegiatan hidup orang banyak. Yang termasuk barang tambang jenis ini adalah emas, perak, aspal, belerang, fosfat, mangan, seng, mika, dan asbes. 

c. Barang Tambang Golongan C 
Barang tambang golongan C yaitu bahan galian industri yang langsung dapat digunakan untuk keperluan industri seperti batu gamping, pasir kuarsa, marmer, kaolin, gips, dan batu apung. 

Dari ketiga golongan barang tambang tersebut, bahan galian golongan A merupakan bahan galian penyumbang pendapatan negara yang paling besar. Berikut ini contoh pemanfaatan beberapa jenis sumber daya alam dari hasil tambang. 

1. Minyak bumi, dari hasil penyulingan bertingkat menghasilkan bensin, minyak tanah, premium, vaselin, parafin, kerosin, dan aspal. Dari hasil penyulingan tersebut sebagian besar digunakan untuk bahan bakar kendaraan sampai pesawat terbang.
2. Bauksit ialah bahan dasar pembuatan aluminium. Setelah menjadi aluminium, kemudian dibuat untuk bahan perkakas rumah tangga dan badan pesawat terbang karena aluminium mempunyai bahan yang relatif ringan dan tidak berkarat. 
3. Batu bara digunakan untuk bahan bakar selain minyak bumi dan gas alam. 
4. Belerang digunakan untuk bahan obat penyakit kulit dan korek api. 
5. Yodium digunakan untuk obat dan peramu garam dapur beryodium. 
6. Nikel digunakan untuk bahan pelapis besi agar tidak mudah berkarat.


Daftar Pustaka : Yudhistira