Menemukan Hal-hal Menarik Dari Dongeng

Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Setiap anak pasti senang jika mendengarkan dongeng karena banyak hal menarik dari dongeng tersebut. Hal-hal menarik dari sebuah dongeng terletak pada perubahan nasib pelakunya, konflik yang terjadi, dan amanat yang dapat diambil sebagai suatu nilai didik. Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Misalnya, pada dongeng Malin Kundang kalian akan terhibur dengan kesuksesan Malin Kundang yang bisa menjadi saudagar kaya raya, hidup mewah di kapal, dan mempunyai istri yang cantik. Selain mengandung hiburan, cerita Malin Kundang juga mengandung pendidikan moral, yaitu jika sudah menjadi orang yang berhasil janganlah menyia-nyiakan orang tua karena akan menjadi anak yang durhaka.

Berdasarkan isinya, dongeng terdiri atas 5 macam. Berikut ini macam-macam dongeng.

1. Fabel, yaitu dongeng yang berisi tentang dunia binatang. 
Contoh: Dongeng "Kancil dengan Buaya". Dongeng "Kancil Mencuri Mentimun". 
2. Legenda, yaitu dongeng yang berhubungan dengan keajaiban alam, biasanya berisi tentang   kejadian suatu tempat. 
Contoh: Dongeng "Rawa Pening". Dongeng "Terjadinya Danau Toba". 
3. Mite, yaitu dongeng tentang dewa-dewa dan makhluk halus. Isi ceritanya tentang kepercayaan animisme. Contoh: Dongeng "Nyi Roro Kidul". 
4. Sage, yaitu dongeng yang banyak mengandung unsur sejarah. Karena diceritakan dafi mulut ke mulut, lama-kelarnaan terdapat tambahan cerita yang bersifat khayal. 
Contoh: Dongeng "Jaka Tingkir". 
5. Parabel, yaitu dongeng yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan atau cerita pendek dan sederhana yang mengandung ibarat atau hikmah sebagai pedoman hidup. 


Contoh: Dongeng "Si Malin Kundang".

Daftar Pustaka : CV. TEGUH KARYA