Pemerintah Sebagai Pelaku Perekonomian Indonesia

Dalam perannya sebagai pelaku ekonomi, pemerintah menciptakan berbagai program pembangunan terutama bila sektor swasta kurang atau tidak tertarik melakukannya. Misalnya penyambungan listrik di daerah-daerah terpencil, pembukaan jalan raya di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau, dan lainnya. Peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi akan dijabarkan pada penjelasan berikut. 

1. Pengatur 
Pemerintah berperan dalam mengatur perekonomian negara, hal ini sangat penting karena dengan stabilitas ekonomi yang terjaga maka masyarakat tidak akan dirugikan. Pengaturan yang dilakukan pemerintah berupa pembuatan undang-undang atau peraturan, penetapan kebijakan fiskal dan moneter seperti pengaturan tingkat suku bunga, pengendalian jumlah uang yang beredar, serta masalah perpajakan. Dalam mengatur kegiatan ekonomi, pemerintah menggunakan dua cara yaitu cara langsung dan tidak langsung. Penjabaran kedua cara tersebut dapat disimak melalui pembahasan berikut. 

a. Pengaturan kegiatan ekonomi secara langsung 
Pengaturan kegiatan ekonomi secara langsung terlihat dari adanya berbagai undang-undang yang mengatur sektor swasta, BUMN, maupun koperasi. Semua sektor tersebut harus mematuhi undang-undang, dan jika tidak akan dijatuhi sanksi hukum. Contoh pengaturan yang mengatur BUMN dan sektor swasta antara lain dalam hal perizinan, pengendalian lingkungan, pembayaran pajak,peraturan biaya tarif, penghapusan peraturan-peraturan yang dinilai menghambat pertumbuhan ekonomi, dan lainnya.

b. Pengaturan kegiatan ekonomi secara tidak langsung 
Pemberian insentif bagi produsen atau konsumen untuk memproduksi atau mengkonsumsi barang tertentu merupakan contoh dari pengaturan kegiatan ekonomi secara tidak langsung. Contoh lainnya adalah melalui himbauan pemerintah, misalnya dengan menghimbau pada para konglomerat untuk menyerahkan 2,5% dari keuntungannya untuk program pengentasan kemiskinan. Dengan begitu, jika himbauan tersebut benar-benar dijalankan maka akan tercipta pemerataan pendapatan.


2. Konsumen 
Peran pemerintah sebagai konsumen terlihat ketika pemerintah membutuhkan barang dan jasa untuk meiaksanakan tugasnya. Pemerintah membutuhkan tenaga kerja untuk melakukan tugas-tugas administratif dan operasional di setiap instansinya seperti tenaga kerja untuk menjadi guru, polisi, pegawai negeri, tentara, dan lainnya. 

Selain itu pemerintah juga membutuhkan berbagai peralatan dan perlengkapan kantor, seperti gedung kantor, komputer, mesin tik, dan lainnya. Di samping itu, pemerintah juga harus menyediaka.n anggaran untuk peralatan militer demi kepentingan pertahanan dan keamanan negara. 

Dari semua contoh di atas, maka terlihatlah peran pemerintah sebagai konsumen. Tidak mungkin bila pemerintah harus memproduksi sendiri semua kebutuhannya.

3. Produsen
Dengan menjalankan berbagai perusahaan milik Negara,maka pemerintah telah memainkan perannya sebagai produsen. Barang dan jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,seperti perusahaan air minum,listrik,perminyakan,dan perbankan.Dalam pengelolaan perusahaan tersebut,pemerintah harus focus kepada kesejahteraan rakyat.

Daftar Pustaka : Erlangga