Pentingnya Grooming Dalam Penampilan Prima - Bagian 1

Secara etimologi, kata grooming berasal dari bahasa Inggris, yang berarti perawatan atau pemeliharaan. Sedangkan pengertian penampilan (appearance) adalah citra diri yang terpancar dari diri seseorang yang dapat dilihat dari penampilan secara keseluruhan.
Berdasarkan pengertian kedua istilah tersebut, maka dapat dikatakan bahwa grooming dalam penampilan prima mengandung arti perawatan atau pemeliharaan yang harus dilakukan agar seseorang mempunyai penampilan yang prima atau terbaik, sehingga citra diri seseorang terlihat sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Hal ini tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi orang tersebut, karena dapat menambah kepercayaan dirinya.

Penampilan diri yang baik dan menarik, selain harus didukung oleh penampilan luar, juga harus didukung dari dalam diri. Untuk menjadi seseorang yang menarik tidak harus cantik atau tampan. Dengan menonjolkan kelebihan yang ada dalam diri seseorang, dapat menjadikan seseorang terlihat menarik. Bahkan dapat menjadi pribadi yang sangat mengagumkan bagi banyak orang.

Meskipun secara fisik diri Anda cantik atau tampan, tetapi jika tidak dirawat atau dipelihara dengan baik, Anda tidak akan terlihat menarik. Sebaliknya jika Anda secara fisik biasa saja tetapi Anda selalu berusaha membuat penampilan Anda menjadi menarik, Anda akan membuat siapa saja terpesona. 

Saat ini dalam dunia kerja atau industri khususnya orang-orang yang bidang pekerjaannya memberikan pelayanan kepada orang lain mutlak memerlukan penampilan yang prima. Penampilan yang kusuk, loyo, dan tidak bersemangat akan memberikan kesan yang buruk bagi siapa saja yang melihatnya akan tetapi, dengan penampilan yang baik, penuh semangat, dan menarik dapat membuat orang yang melihatnya senang, bahkan bukan tidak mungkin dia akan datang kembali untuk meminta pelayanan dari Anda. Hal ini tentu menjadi keuntungan buat Anda bahkan bagi perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja.

Untuk menjadi pribadi yang menarik tidaklah mudah, perlu usaha yang sungguh-sungguh dari Anda. Anda harus melakukan perawatan secara fisik. Anda juga harus mampu menganalisis diri bagaimana cara bersikap, cara bertutur kata, melakukan gerak-gerik, dan tindak tanduk selaku manusia yang berbudaya pada saat berhubungan dan bekerja sama dengan orang lain.


Dalam pelayanan prima, Anda harus dapat mengoptimalkan sikap yang baik, sehingga Anda menjadi pribadi yang simpatik yang dapat membuat pelanggan merasa senang dan bangga ketika dilayani. Agar Anda dapat tampil menarik, khususnya di hadapan kolega dan pelanggan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.

1. Kesehatan Tubuh
Mempunyai tubuh yang sehat tentu saja menjadi idaman setiap orang. Ada pepatah latin kuno"Mensana in corpore sano" yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Suatu ,kapan yang sangat populer di masyarakat kita. Dengan tubuh yang sehat, Anda akan dapat menjalankan semua aktivitas yang diinginkan. Namun, jika tubuh tidak sehat, Anda tidak dapat menjalankan aktivitas secara maksimal. Bahkan jika kesehatan Anda sangat buruk, Anda akan berada di tempat tidur saja sehingga akan menjadi beban bagi orang lain. 

Agar tubuh Anda selalu sehat, ada tiga hal yang menjadi prioritas dan harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.

a. Makan makanan yang bergizi
Anda memerlukan makanan sehat yang memenuhi standar gizi yang dibutuhkan tubuh Anda, yaitu makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan bergizi tidak harus mahal. Yang terpenting nilai kecukupan gizinya sudah memenuhi standar. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mengetahui tentang hal ini, atau banyak membaca dan mencari informasi dari berbagai sumber, seperti dari teman, majalah, surat kabar, internet, dan sebagainya.

b. Olahraga
Makanan yang bergizi sangat baik diimbangi juga dengan olahraga yang teratur. Karena olahraga yang teratur mampu menyehatkan jasmani, melenturkan otot-otot, melancarkan pembuluh dan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga wajah akan terlihat cerah dan bersinar, tidak akan lagi tampak loyo atau kuyu.
Berolahraga juga tidak harus ke tempat olahraga tertentu, yang membutuhkan biaya dan waktu khusus. Olahraga yang murah pun dapat Anda lakukan asalkan dilakukan secara rutin dan teratur. Misalnya, senam pagi atau lari pagi, dapat dilakukan di sekitar rurnah sebelum bekerja atau waktu yang dapat Anda atur sesuai dengan aktivitas Anda.

c. Istirahat yang cukup
Selain olahraga, tubuh juga perlu istirahat. Tubuh ibarat mesin, tidak bisa digunakan secara terus menerus dalam waktu yang panjang. Tubuh Anda pasti lelah. Untuk itu perlu istirahat agar dapat berfungsi terus dengan baik. Tidurlah yang cukup agar tubuh Anda kembali bugar keesokan harinya. Tidur yang baik adalah 7 — 8 jam setiap hari. Meskipun aktivitas Anda tinggi, tetap harus diluangkan waktu untuk beristirahat, satu atau dua jam.

Pentingnya Grooming Dalam Penampilan Prima - Bagian 2
Pentingnya Grooming Dalam Penampilan Prima - Bagian 3

Daftar Pustaka : Erlangga