Perkembangan Sarana Komunikasi

Saat ini sarana komunikasi telah berkembang pesat. Sebagai contoh konkret adalah perkembangan telepon seluler atau handphone (HP). Dengan menggunakan HP, kita dapat berkornunikasi dengan siapa pun secara cepat. Ruang, waktu, dan jarak sekarang ini tidak menjadi hambatan berkomunikasi. HP dulu memang merupakan barang yang langka dan mahal karena tidak semua orang mampu membelinya. Akan tetapi, sekarang ini HP sudah bukan barang langka lagi karena sudah banyak yang nnenggunakannya. Bahkan para produsen HP telah berhasil melakukan inovasi-inovasi untuk memenuhi keinginan konsumen. 

Pada Pelajaran 3 ini, kalian akan dilatih untuk mencermati berbagai fenomena yang terjadi di sekitar kalian yang terkait dengan perkembangan sarana komunikasi. Adapun bentuk pelatihan tersebut akan dikaitkan dengan keterampilan berbahasa, bersastra, dan kebahasaan kalian. Keterampilan berbahasa meliputi kegiatan menyimpulkan isi berita yang dibacakan dan menceritakan pengalaman yang mengesankan. Kemudian, pada keterampilan bersastra, kalian akan dilatih untuk menceritakan kembali cerita anak yang dibaca dan menulis kembali dongeng yang pernah dibaca/didengar. Sejanjutnya, pada bidang kebahasaan kalian akan belajar menggunakan imbuhan pen-, pe-, -an, pen-an, ke-, dan ke-an secara tepat.

Menyimpulkan Isi Berita yang Dibacakan 
Setiap hari radio dan televisi pasti menyajikan berita-berita terbaru dan aktual. Seseorang harus banyak berlatih mendengarkan agar dapat mengetahui isi berita tersebut dan dapat menyimpulkannya dengan cepat. Sebagai seorang pelajar, kalian juga harus banyak berlatih mendengarkan berita sehingga dapat menemukan pokok berita yang kalian dengarkan dengan cepat.

Kesopanan Bertelepon 
Saat berhubungan dengan orang lain melalui telepon, kita selalu dituntut untuk tetap menjaga sopan santun dengan terus memberi perhatian pada lawan bicara. Akan tetapi, kadangkala hal ini menjadi sesuatu yang sulit untuk dikontrol dengan kesibukan atau keadaan emosi yang acap kali membuat orang lupa untuk menjaga sopan santunnya. Memang sulit untuk menilai seberapa besar perhatian orang dalam sebuah per-cakapan, apalagi melalui telepon yang merupakan percakapan tanpa tatap muka. Tapi akan lain ceritanya jika sekelompok peneliti dari Massachusetts lnstitute of Technology(MIT), Amerika Serikat sudah hampir merampungkan pengembangan pe rangkat lunak untuk ponsel yang dapat menganalisis pola dan nada bicara seseorang.


Tim peneliti yang dipimpin oleh Anmol Madan ini menamakan perangkat lunak kembangan mereka dengan Jerk-O-Meter. Jerk-O-Meter nantinya memungkinkan seseorang untuk dinilai tingkat keseriusan dan keterlibatan mereka dalam percakapan yang dihitung dalam skala 0 sampai 100. Alat yang dalam penciptaannya meng-gunakan perhitungan algoritma matematika untuk mengukur tingkat stres dart ert-va. yang diukur dari suara manusia ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan antarmanusia. Dengan alat ini tentu orang akan merasa diawasi dan pada akhirnya berujung pada sikap yang lebih memerhatikan dalam pembicaraan lewat telepon. 

Daftar Pustaka : CV.Teguh Karya