Alat dan Cara Berkomunikasi Masa Kini

Teknologi Komunikasi secara Langsung 

Bentuk komunikasi pada masa kini dilakukan tanpa harus berdekatan bertatap muka secara langsung. Pwa jarak yang berjauhan, komunikasi zacat dilakukan secara langsung antara pihak pertama dan pihak kedua dengan alat bantu. 

Adanya teknologi komunikasi menjadikan hubungan dua arah antara pembicara dapat terjadi dengan mudah. Berita lang dikirim pada jarak yang jauh dapat diterima pada saat itu juga di tempat yang oleh penerima. Hubungan komunikasi yang terjadi tidak dibatasi oleh jarak. Melalui pesawat telepon misalnya, kita nanya memutar nomor telepon tujuan yang dikehendaki agar dapat berbicara secara langsung dengan penerima. Komunikasi lewat telepon dibedakan menjadi tiga macam, yaitu hubungan lokal, hubungan interlokal, dan hubungan internasional. Hubungan internasional mempunyai jaringan antar negara bahkan antar benua. Hubungan interlokal menggunakan sistem Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ). 

Hubungan internasional menggunakan sistem Sambungan Langsung Internasional (SLI). Kamu tentu pernah menggunakan telepon untuk menghubungi teman, bukan? Selain pesawat telepon dengan kabel, ada juga telepon tanpa kabel atau telepon genggam, intercom, dan HT. Tentu saja alat komunikasi masih terus bertambah dan beragam sesuai dengan perkembangan teknologi. Teknologi komunikasi dapat pula mengirimkan gambar. Alat untuk menerima gambar melalui teknologi komunikasi disebut televisi.Televisi merupakan salah satu contoh teknologi komunikasi tidak langsung satu arah. Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang hanya dapat diterima oleh satu pihak. 

Media Komunikasi Masa Kini 

Media komunikasi adalah alat atau sarana komunikasi yang digunakan oleh dua pihak atau lebih untuk saling berhubungan. Media komunikasi pada masa kini dapat dibedakan menjadi media cetak dan media elektronik. 

a. Media Cetak 
Media cetak merupakan sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala. Kita memperoleh informasi dari media cetak dengan cara membacanya. Perkembangan media cetak dimulai sejak ditemukannya mesin tik dan alat percetakan oleh Johannes Guttenberg dari Jerman pada tahun 1940. Melalui media cetak, beragam peristiwa yang terjadi di daerah maupun di luar negeri dengan cepat dapat diketahui. Media cetak yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain surat kabar (koran, tabloid), majalah, buku, pamflet, brosur, poster, spanduk, serta alat cetak jarak jauh seperti telegraf dan faksimile. Keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya media komunikasi cetak adalah sebagai berikut: 

1.memperkaya wawasan pengetahuan, 2

2. mengetahui perkembangan informasi dan situasi di suatu tempat atau negara lain, serta 

3 menambah kepekaan sosial masyarakat. 

b. Media Elektronika 
Media elektronika merupakan sarana media massa yang memper-gunakan alat-alat elektronika modern. Media elektronika menampilkan bentuk komunikasi melalui tulisan, gambar, dan suara (audio visual). Contoh media elektronik antara lain televisi, radio, telepon, dan multimedia. 

1) Telepon 
Telepon berasal dari kata telle yang berarti jauh dan phone yang berarti suara. Telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell tahun 1876. Berkat telepon, orang dapat langsung berbicara walaupun dipisahkan oleh tempat yang jauh. Pada masa kini kebutuhan akan komunikasi lewat telepon sudah sangat penting. Masyarakat di kota-kota besar selalu memanfaatkan komunikasi lewat telepon. Ada yang nnenggunakan telepon kabel dan ada pula telepon tanpa kabel (telepon seluler). Di jalan-jalan dan di tempat-tempat umum, perusahaan telekomunikasi milik pemerintah menyediakan sarana telepon untuk umum. Ada telepon umum yang mengguna-kan koin dan ada pula yang menggunakan kartu. Semua itu di-maksudkan agar masyarakat mudah da-lam berkomunikasi. 


2) Radio 
Radio merupakan media komunikasi elektronik yang menyampaikan pesan melalui pemancar khusus. Pesawat pemancar gelombang radio pertama kali ditemukan oleh Guglielmo.

Marconi pada tahun 1902. Pada masa kini berbagai macam radio baik alat pemancarnya maupun alat penerimanya sudah menerap-kan teknologi modern. Bera-gam acara biasanya ditampil-kan lewat radio seperti drama, lagu, berita, dan berbagai jenis informasi lain. Dengan pesawat radio, orang dapat memper-oleh berbagai jenis informasi dan hiburan, tetapi tanpa disertai gambar. 

Di Indonesia program siaran radio dikelola oleh pemerintah dan swasta. Pihak pemerintah mengelola program siaran radio yang diberi nama Radio Republik lndonesia atau disingkat RRI. Program siaran radio selain RRI adalah siaran radio milik masyarakat atau swasta. 

3) Televisi 
Televisi adalah media komunikasi elektronika yang menyiarkan gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele yang berarti "jauh" dan visiyang berarti "melihat". Pesawat televisi pertama kali ditemukan pada tahun 1925 oleh John Logie Baird. Dengan adanya televisi kita dapat mengetahui perkembangan situasi dunia sepanjang waktu dengan cepat. 

Siaran televisi bisa berhasil dikarenakan adanya pemancar dari satelit buatan. Satelit buatan adalah alat pemancar yang diluncurkan mengedari planet bumi untuk keperluan tertentu. Indonesia mempunyai satelit untuk keperluan komunikasi yang disebut dengan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). 

Satelit itu diluncurkan pada tahun 1976 dengan nama Palapa Al , tahun 1977 diluncurkan Palapa A2, tahun 1983 diluncurkan Palapa B1, tahun 1984 diluncurkan Palapa B2, dan tahun 1990 diluncurkan Palapa B2R. Setelah pelun-curan satelit Palapa generasi B, diluncurkan satelit generasi C. Di Indonesia pada awalnya pe-nyelenggaraan siaran televisi hanya dilakukan oleh pihak pemerintah melalui stasiun TVRI (Televisi Repu-blik Indonesia). Setelah pemerintah mengeluarkan peraturan baru, maka muncullah beberapa stasiun televisi swasta yang berkedudukan di Jakarta, seperti Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Surya Citra Televisi (SCTV), Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), Indosiar Visual Mandiri (Indosiar), Transformasi Televisi Indonesia (Trans TV), ANTV, TV 7, Metro TV, Lativi, dan Global TV. Di beberapa daerah bahkan telah berdiri stasiun televisi lokal. 

Media televisi banyak menyajikan berbagai macam acara hiburan, berita, olahraga, acara anak-anak, dan berbagai macam informasi lain. 

Daftar Pustaka : YUDHISTIRA