Alat Pemenuh Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan, Hubungannya dengan Benda lain, dan Tujuan Penggunaan

Kita telah mengulas sedikit tentang bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang beragam. Manusia memanfaatkan alam sekitarnya untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya, masyarakat memanfaatkan tanaman seperti padi dan umbi-umbian untuk memenuhi kebutuhan akan makanan. Masyarakat juga memanfaatkan keindahan alam flora dan fauna untuk memenuhi kebutuhan akan rekreasi. Selain itu, manusia juga memanfaatkan sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh alam sekitarnya. Contoh, manusia memanfaatkan pengetahuan seorang dokter untuk menyehatkan badannya. 

Dari paparan tersebut, kita dapat melihat bahwa kebutuhan manusia dapat dipenuhi dalam bentuk barang dan jasa. Barang atau jasa yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia itulah disebut alat pemenuh kebutuhan. 

A. Alat Pemenuh Kebutuhan
Secara garis besar, alat pemenuh kebutuhan manusia terbagi menjadi dua, yaitu alat pemenuh kebutuhan terhadap barang dan alat pemenuh kebutuhan terhadap jasa. 

1. Barang adalah benda ekonomi yang jelas wujudnya, seperti makanan atau rumah. 

2. Jasa adalah benda ekonomi yang tidak nyata wujudnya, seperti menyembuhkan orang sakit atau bernyanyi. Dalam hal ini, ada orang yang memiliki pekerjaan sebagai pemberi jasa. Orang itu disebut dengan penjual jasa. Misalnya, dokter, konsultan, penyanyi, ahli kecantikan, atau sopir taksi. 

Macam-Macam Alat Pemenuh Kebutuhan

Alat pemenuh kebutuhan dapat dikelompokkan menurut kelangkaan, hubungannya dengan benda lain, dan tujuan penggunaan. Hal tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Kelangkaannya 

Menurut kelangkaannya, alat pemenuh kebutuhan dapat dibedakan atas benda ekonomi dan benda bebas. 

1. Benda ekonomi adalah benda yang jumlahnya terbatas sehingga membutuhkan pengorbanan atau biaya-biaya untuk mendapatkan atau memperolehnya. Benda yang terbatas ini sangat berlawanan dengan sifat manusia yang kebutuhannya tidak terbatas. 

2. Benda bebas adalah benda-benda alam yang sudah disediakan oleh Tuhan kepada manusia selain barang tambang. Cara mendapatkan benda ini tidak membutuhkan pengorbanan dan biaya. Contoh benda bebas adalah sinar matahari, udara, dan air laut. Akan tetapi, sebuah benda bebas dapat berubah menjadi benda tidak bebas (benda ekonomi), seperti air yang akan sulit dicari apabila terjadi kekeringan di sebuah daerah. Kekeringan ini akan menimbulkan pengorbanan-pengorbanan atau biaya-biaya yang dilakukan oleh manusia. Hal ini disebabkan kebutuhan manusia terhadap air tidak terbatas karena air adalah sumber kehidupan bagi manusia. 


Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Hubungannya dengan Benda Lain 

Menurut hubungan dengan benda lainnya, alat pemenuh kebutuhan dapat dibedakan atas benda pengganti (substitusi) dan benda pelengkap (komplementer). 

1. Benda pengganti (substitusi) adalah benda yang dapat menggantikan fungsi benda lainnya. Contohnya adalah kopi dan teh. Jika tidak ada kopi, teh pun dapat kita minum. 

2. Benda pelengkap (komplementer) adalah benda yang penggunaannya saling melengkapi satu sama lain. Apabila tidak digunakan dengan benda lainnya, kegunaan benda itu tidak ada atau berkurang. Contohnya adalah tinta dengan pena, sepatu dengan kaus kaki, radio dengan listrik, mobil dengan bensin, dan lain sebagainya. Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Tujuan Penggunaannya Menurut tujuan penggunannya, alat pemenuh kebutuhan dapat dibedakan atas benda yang digunakan untuk tujuan produksi (benda produksi) dan benda yang digunakan untuk tujuan konsumsi (benda konsumsi). 

1. Penggunaan benda untuk tujuan produksi berarti benda tersebut digunakan untuk menghasilkan benda lain.Benda lain itu akan dijual ke pasar untuk memperoleh laba. Contohnya adalah penggunaan kayu dan cat untuk membuat meja dan kursi.

2. Penggunaan benda untuk tujuan konsumsi berarti benda tersebut digunakan untuk menghasilkan kepuasan. Contohnya adalah makan buah, minum es teler, menonton film, dan lain sebagainya. Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Siap Tidaknya Benda Tersebut Memenuhi Kebutuhan Menurut siap tidaknya benda tersebut memenuhi kebutuhan, alat pemenuh kebutuhan dibedakan atas bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. 

1. Bahan mentah ialah benda yang belum mengalami pengolahan. Barang mentah merupakan bahan dasar yang ditujukan untuk proses lebih lanjut menjadi alat pemuas kebutuhan yang siap digunakan. Contohnya adalah tembakau, kopi, kayu, damar, karet, timah, batu bara, dan sebagainya. 

2. Barang setengah jadi adalah barang yang telah mengalami pengolahan, tetapi belum siap digunakan. Biasanya, barang jenis ini akan mengalami pengolahan selanjutnya. Misalnya, terigu, benang, kain, dan sebagainya. 

3. Barang jadi adalah benda pemuas kebutuhan yang sudah mengalami proses produksi secara tuntas dan telah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya, kemeja, buku, kursi, kue donat, pensil, dan sebagainya.

Daftar Pustaka : YUDHISTIRA