Arti Pentingnya Lingkungan Bagi Kehidupan

Lingkungan sebagai tempat tinggal (Habitat)

Lingkungan yang nyaman dan aman merupakan tempat tinggal yang diperlukan oleh makhluk hidup. Tingkatan kelompok makhluk hidup yang hidup pada suatu wilayah dimulai dari individu, populasi, komunitas, dan ekosistem. Tingkatan kelompok makhluk hidup dapat dilihat di bawah ini. 

a. Individu, yaitu organisme tunggal. Misalnya, seorang manusia, seekor burung,.atau sebatang pohon jambu. 

b. Populasi, yaitu kelompok individu sejenis yang hidup dan berkembang biak di suatu daerah pada waktu tertentu. Misalnya, populasi manusia, populasi badak, populasi burung, atau populasi gajah. 

c. Komunitas, yaitu kumpulan dari berbagai jenis populasi yang menempati daerah atau kawasan tertentu yang saling mempengaruhi dan saling berinteraksi. Misalnya, populasi manusia, populasi kerbau, populasi burung, atau populasi kambing yang hidup pada satu daerah dan membentuk komunitas. 

d. Ekosistem merupakan tatanan kesatuan secara menyeluruh antara seluruh unsur lingkungan yang mencakup unsur hayati dan unsur nonhayati. Misalnya, ekosistem laut, ekosistem sungai, ekosistem sawah, atau ekosistem padang rumput. 

Lingkungan sebagai tempat mencari makan (Niche) 

Lingkungan memiliki mekanisme bagi makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Makhluk hidup saling berinteraksi membentuk piramida makanan. Jika salah satu rantai dalam piramida makanan terputus, akan terjadi kelaparan dan kematian hewan yang lainnya. Jika rumput mati; hewan-hewan seperti kambing, kerbau, dan sapi akan ikut mati. Selanjutnya, harimau pun ikut mati. Dengan demikian, punahnya salah satu spesies dapat memicu kepunahan spesies lainnya yang memangsa spesies tersebut.



Daftar Pustaka : ERLANGGA