Bentuk Partisipasi Warga Negara dalam Upaya Pemajuan dan Penegakan HAM

1) Berusaha berperilaku sesuai dengan Hak Asasi Manusia. Dimanapun kita berada, kita harus menghargai dan bertoleransi kepada sesama. Contoh perilaku yang sesuai dengan hal ini adalah mengembangkan sikap tenggang rasa, tidak semena-mena kepada orang lain, tidak membeda-bedakan manusia berdasarkan agama, suku, ras, warna kulit, dan lain-lain, serta menghormati hak orang lain. 

2) Berusaha memahami berbagai instrumen hak asasi manusia baik itu instrumen HAM dalam negeri maupun internasional dan pada saat yang tepat berusaha membagikan hasil pemahaman tersebut kepada teman, sahabat, dan warga masyarakat di lingkungan kita. 

3) Menghormati dan mendiskusikan berbagai perkembangan hak asasi manusia dan peristiwa pelanggaran hak asasi manusia, terutama yang terjadi di lingkungan sekitar kita. 

4) Melibatkan diri dalam kelompok minat atau organisasi pemerintah dan advokasi hak asasi manusia. 

5) Turut serta membangun opini publik melalui media massa mengenai wacana kasus hak asasi manusia, misalnya menulis surat pembaca, mengikuti polling , membuat spanduk, stiker, dan sebagainya.

6) Bersedia menyatakan solidaritas dalam bentuk tindakan nyata untuk membantu korban pelanggaran hak asasi manusia, terutama di lingkungan sekitar kita


Daftar Pustaka : YUDHISTIRA