Dampak-dampak Penyimpangan Sosial

Pada unit sebelumnya kita telah membahas tentang perpindahan penduduk, misalnya perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain atau dari kota ke desa. Kedatangan penduduk baru ini tentu membawa dampak tertentu bagi masyarakat setempat. Tidak jarang kedatangan penduduk baru itu membawa dampak negatif berupa pelanggaran terhadap norma yang berlaku di dalam masyarakat tersebut. Sebagai contoh, sese ang memiliki budaya sex bebas di negara asalnya. Ketika ia melakukannya di Indonesia, ia dianggap melanggar norma sosial masyarakat Indonesia yang melarang hal seperti itu. 

Dampak Negatif Penyimpangan Sosial 

Telah kita ketahui bahwa penyimpangan sosial negatif merupakan penyimpangan sosial yang melanggar norma sosial dan merugikan suatu masyarakat. Contohnya, tindak kejahatan, seperti pencurian, penipuan dan perampokan.

Ada banyak dampak negatif dari penyimpangan sosial seperti ini. Di antaranya sebagai berikut. 

1. Tindak seperti itu dapat menimbulkan korban jiwa. 

2. Pelanggar akan mendapat sanksi baik dari negar,a  maupun dari masyarakat, seperti dipenjara, dijauhi, atau diusir dari daerah tersebut. 

3. Menimbulkan stigma atau aib sosial bagi pelakunya. Masyarakat memandang pelaku penyimpangan sosial secara negatif. Contohnya, seseorang yang ketahuan mencuri akan dicap oleh orang di sekitarnya sebagai pencuri dan anaknya akan dicap sebagai anak pencuri. 

4. Merusak generasi berikutnya, seperti seorang anak yang tertular HIV dari orang tuanya. 

5. Menimbulkan keresahan sosial di tengah masyarakat. 

Dampak Positif Penyimpangan Sosial 

Selain berdampak negatif, penyimpangan sosial juga dapat berdampak positif. Penyimpangan sosial dapat mempertegas perilaku yang pantas dan tidak pantas dilakukan. Misalnya, Anda selama ini bingung apakah menggunakan narkoba merupakan perbuatan yang salah atau tidak. Orang tuanya melarangnya. Akan tetapi, beberapa temannya mengatakan bahwa menggunakan narkoba tidak salah. Pada suatu hari, salah seorang temannya yang menggunakan narkoba ditangkap polisi dan harus menerima hukuman penjara. Peristiwa ini menyadarkan Ando bahwa menggunakan narkoba itu tidak baik. Oleh karena itu, perbuatan itu tidak pantas untuk dilakukan. 

Penyimpangan sosial juga dapat mendorong perubahan dalam masyarakat. Hal ini dapat ditemukan dalam penyirnpangan yang bersifat positif, seperti inovasi (pembaharuan) dalam kehidupan masyarakat. Dahulu ada anggapan bahwa perempuan tidak perlu mendapat pendidikan tinggi. Pemahaman seperti ini tampaknya sudah mulai berkurang karena banyak perempuan yang menjadi pekerja. Hal ini disebabkan kesadaran perempuan terhadap pendidikan tinggi yang akan membantunya menunjukkan kemampuannya dan berkarya dalam segala hal.


Daftar Pustaka : ERLANGGA