Hakikat Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan adalah seperangkat usaha yang terencana dan terarah untuk menghasilkan sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan hidup manusia. Pelaksanaan kegiatan pembangunan memerlukan modal. 

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah upaya peningkatan kualitas manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan pembangunan berkelanjutan. Yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan pemenuhan kebutuhan generasi mendatang. 

Di dalam pengertian itu, terkandung dua gagasan penting, yaitu gagasan kebutuhan khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup. Hal yang diutamakan dalam gagasan ini adalah kebutuhan kaum miskin. Gagasan keterbatasan menyangkut keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan, baik masa kini maupun masa yang akan datang. Pemanfaatan lingkungan sebagai penopang pembangunan harus pula memperhitungkan keterbatasannya Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan Pembangunan berkelanjutan memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 

1. Menjamin pemerataan dan keadilan, yaitu generasi mendatang memiliki kesamaan hak dan kewajiban dalam memanfaatkan dan melestarikan sumber daya alam sehingga akan berkelanjutan. 

2. Menghargai dan melestarikan keanekaragaman hayati, spesies, habitat, dan ekosistem agar tercipta keseimbangan lingkungan. 

3. Menggunakan pendekatan integratif sehingga terjadi keterkaitan yang kompleks antara manusia dengan lingkungan untuk masa kini dan mendatang. 

4. Menggunakan pandangan jangka panjang untuk merencanakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang mendukung pembangunan. 

5. Meningkatkan kesejahteraan melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana. 

6. Memenuhi kebutuhan masa sekarang tanpa membahayakan pemenuhan kebutuhan generasi mendatang dan mengaitkan bahwa pembangunan ekonomi harus seimbang dengan konservasi lingkungan.


Daftar Pustaka : ERLANGGA