Hukum Kepler, Hukum Bode, dan Hukum Newton

Model Copernicus tentang orbit planet kemudian disempurnakan oleh Johannes Kepler (1571-1630), asisten dan penerus (successor) ahli astronomi Tycho Brahe. Kepler menentukan sifat orbit planet berdasarkan analisis data teleskop astronomi Brahe (Tycho Brahe, 1546-1601) dan ia mengemukakan tiga hukum sebagai berikut: 

a. Hukum 1 adalah Hukum Elip (1609)
"Planet-planet beredar mengelilingi Matahari melalui garis edar yang berbentuk elips dengan matahari berada pada salah satu titik apinya." 

Hukum ini menjelaskan bahwa jarak planet-planet ke Matahari tidaklah tetap, melainkan kadang-kadang jauh dan kadang-kadang dekat ke Matahari. Kedudukan terjauh ke Matahari disebut aphelium dan kedudukan terdekat ke Matahari disebut perihelium.

b. Hukum 2 adalah Hukum Luas Sama (1609) "
Dalam peredarannya mengelilingi Matahari, planet-planet membentuk petak-petak (bidang-bidang) yang sama luasnya di dalam waktu yang sama." 

Hukum ini memberi penjelasan bahwa dalam peredaran mengelilingi matahari kecepatan planet tidaklah tetap. Pada saat planet berdekatan dengan matahari ia bergerak lebih cepat, sedangkan jika berada pada posisi jauh dari Matahari maka planet bergerak lebih lambat. 

Dalam peredarannya mengelilingi Matahari, Bumi akan berada pada jarak terdekat (perihelium) pada tiap tanggal 2 Januari dan jarak terjauh (aphelium) yaitu pada tiap tanggal 5 Juli.

c. Hukum 3 adalah Hukum Harmonik (1618) "
Pangkat dua waktu beredar suatu planet berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya ke Matahari." 

Jika waktu edar planet mengelilingi matahari = t, sedang jarak rata-rata planet ke matahari = d, maka untuk planet tersebut terdapat persamaan 
2 t2 = d3 atau t3 = C (konstanta) ci 
C= bilangan konstanta yang besarnya tergantung pada satuan ukuran yang digunakan. Jika t menggunakan satuan ukuran tahun dan d menggunakan satuan ukuran Sa (AU = Astronomical Unit), maka konstanta C adalah 

Contoh soal: 
Mars d = 1,6 Sa 
T =   tahun 
Jawab: t2 = d3 
t2 = (1,6)3 tahun
 t = V(1,6)3 tahun 
t = 1,6 tahun


Daftar Pustaka : PT. PHIBETA ANEKA GAMA