Kendala Penyebaran Kristen di Indonesia

Berbeda dengan Hindu-Buddha dan Islam, penyebaran Kristen di Indonesia tidak begitu berkembang. Penyebabnya antara lain sebagai berikut. 

Kecurigaan terhadap Rohaniwan
Para penguasa dan penduduk setempat mencurigai para rohaniwan sebagai sekutu Portugis ataupun Belanda. Tindakan penindasan yang dilakukan para pedagang maupun pemerintah kolonial menimbulkan kesan bahwa Kristen identik (sama saja) dengan kolonialisme. Padahal para rohaniwan selalu datang dengan maksud damai.

Keadaan menjadi semakin parah karena orang-orang yang ikut dalam armada Portugis atau VOC adalah kalangan yang disingkirkan dari negeri asalnya. Mereka dibuang karena alasan kriminal atau moral. Di Indonesia, sepak terjang mereka menjadi tidak terkendali sehingga merugikan karya para rohaniwan. 

Campur Tangan Penguasa Kolonial 
Para pedagang, militer, maupun pemerintah kolonial lebih mementingkan keuntungan ekonomi dan dominasi politik. Mereka bahkan cenderung campur tangan dalam urusan intern Gereja. Akibatnva, penyebaran Kristen dilakukan dengan cara-cara serupa dengan upaya monopoli perdagangan dan perebutan kekuasaan politik. 


Daftar Pustaka : Erlangga