Pendapat Beberapa Tokoh Mengenai Nasionalisme

Beberapa orang tokoh dengan pandangannya mengenai nasionalisme antara lain sebagai berikut. 

Joseph Ernest Renan 
Renan seorang tokoh penganut nasionalisme yang didasarkan pada faktor kemanusiaan. Menurut Renan, satu bangsa timbul karena dorongan kemauan dan kebutuhan psikis manusia sebagai individu yang ingin bersatu atau bersosialisasi dengan individu-individu lainnya. Contohnya, bangsa Swiss yang terdiri dari berbagai suku, keturunari, dan kebudayaan dapat membentuk suatu bangsa karena adanya keinginan dari mereka untuk bersatu. 

Otto Bouer 
Tokoh ini berpendapat bahwa lahirnya nasionalisme disebabkan oleh persamaan perangai dan tingkah laku dalam memperjuangkan persatuan dan nasib yang sama. Contohnya, nasionalisme Asia dan Afrika timbul karena persamaan senasib dan sependeritaan sebagai bangsa terjajah. Hal itu membangkitkan Nasionalisme bangsa-bangsa di Asia dan Afrika. 

Hans Kohn Kohn
seorang tokoh penganut nasionalisme yang pendapatnya didasarkan atas perpaduan politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Ia berpendapat bahwa nasionalisme sebagai satu paham menuntut kesetiaan tertinggi dari rakyatnya. Kesetiaan itu harus diserahkan kepada negara kebangsaan. Bagi rakyat, negara kebangsaan merupakan cita-cita dan satu-satunya bentuk sah organisasi politik. Bangsa adalah sumber dari semua tenaga kebudayaan, kreativitas, dan kesejahteraan ekonomi. 

Louis Snyder 
Snyder berpendapat bahwa nasionalisme adalah hasil dari faktor-faktor politik, ekonomi, sosial, dan intelektual pada suatu taraf dalam sejarah. Sebagai contoh adalah timbulnya pergerakan nasional Indonesia.


Daftar Pustaka : YUDHISTIRA