Pengertian Kepribadian Secara Umum

Dalam bahasa Inggris kata kepribadian disebut personality, sedangkan dalam bahasa latin disebut persona. Menrut pengertian sehari-hari, kepribadian adalah bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu lainnya. Contohnya, orang yang pemalu seringkali diberi atribut "berkepribadian pemalu". Orang yang supel diberikan atribut "berkepribadian supel", dan orang yang suka bertindak keras dikatakan "tidak berkepribadian" yang biasanya dialamatkan juga kepada orang-orang yang lemah, plin plan, pengecut, dan semacamnya. 

Berikut ini beberapa pengertian kepribadian menurut pendapat para ahli, yaitu sebagai berikut. 

a. George Kelly, memandang kepribadian sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya. 

b. Gordon Allport, merumuskan kepribadian sebagai "sesuatu" yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan. 

c. Sigmund Freud, memandang kepribadian sebagai suatu struktur yang terdiri dari tiga sistem, yakni id, ego, dan superego. 

d. Drs. Suparman Sumahamijaya, M.A, M.Sc., merumuskan kepribadian sebagai keseluruhan dari sifat-sifat jasmani, pikiran, watak, dan jiwa seseorang serta sesuatu yang membedakan seseorang dari orang lain. Dari beberapa pendapat di atas dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. 

a. Kepribadian dipandang sebagai penentu atau pengarah tingkah laku. 

b. Kepribadian dipandang sebagai sesuatu yang unik atau knas pada diri setiap orang. 

c. Kepribadian seseorang dapat ditentukan dan dipengaruhi oleh faktor-faktor bawaan (faktor genetik/biologis) dan lingkungan (pengalaman-pengalaman sosial dan perubahan lingkungan).


Daftar Pustaka : ERLANGGA