Pengertian Migrasi Penduduk

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain dengan tujuan menetap. Migrasi merupakan salah satu bentuk mobilitas, yaitu gerakan penduduk yang melintasi batas suatu wilayah dalam periode tertentu. 

Berdasarkan tujuannya, mobilitas terbagi atas dua macam, yaitu mobilitas permanen dan mobilitas nonpermanen. Mobilitas permanen dinamakan migrasi. Mobilitas nonpermanen dinamakan mobilitas sirkuler. Mobilitas sirkuler merupakan gerakan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan tujuan tidak menetap. Terdapat tiga macam mobilitas nonpermanen, yaitu mobilitas ulang alik, periodik, dan musiman. 

1. Mobilitas ulang alik disebut juga komuter. Mobilitas seperti dapat kita lihat pada gerakan orang-orang yang pergi ke suatu tempat pada pagi hari dan pulang kembali pada sore harinya. Keadaan ini yang menyebabkan jumlah penduduk perkotaan pada siang hari lebih banyak dibandingkan pada malam harinya. Mobilitas ulang alik banyak terjadi di wilayah kota besar yang dikelilingi kota-kota satelit, seperti Jakarta yang dikelilingi Bogor, Tangerang, dan Bekasi. 

2. Di antara mereka yang pergi ke kota seperti yang diuraikan di atas, ada beberapa orang yang menginap dalam jangka waktu tertentu. Secara teratur, mereka kembali ke daerah asalnya. Mobilitas yang seperti itu disebut mobilitas periodik.

3. Selain itu, ada pula penduduk yang menetap di wilayah lain selama musim tertentu. Musim berikutnya, orang-orang ini akan kembali ke daerah asalnya. Mobilitas seperti ini disebut mobilitas musiman. 


Daftar Pustaka : PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI