Pengertian Penyimpangan Sosial Norma-Norma di Lingkungan Masyarakat

Ada berbagai macam norma dalam masyarakat. Seyogyanya, norma-norma itu harus dipatuhi melalui perilaku yang sesuai dengan tuntutan norma. Namun, tidak semua orang yang dapat menyesuaikan perilakunya dengan tuntutan norma dalam masyarakat. Misalnya, ada arang yang suka bolos sekolah, ugal-ugalan di jalan raya, berkelahi, mencuri, menganiaya, atau menghisap dan mengedarkan obat-obat terlarang. 

Pengertian Penyimpangan Sosial
Perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat disebut penyimpangan sosial (social deviation). Penyimpangan sosial biasanya dikaitkan dengan tindak kejahatan; sakit mental (mental disorder), seperti orang yang kecanduan obat bius. Akan tetapi, para sosiolog lebih menaruh perhatian terhadap penyimpangan sosial yang bersifat negatif yang bertentangan dengan norma yang berlaku di masyarakat. 

Menurut James W. van der Zanden, penyimpangan sosial merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi. Ukuran perilaku menyimpang bukan pada ukuran baik buruk atau benar salah menurut pengertian umum, melainkan berdasarkan ukuran norma dan nilai sosial suatu masyarakat. Anggota masyarakat yang melakukan penyimpangan sosial akan mendapatkan sanksi dari masyarakat seperti dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya.


Daftar Pustaka : ERLANGGA