Peranan Dan Fungsi Pasar Bagi Ekonomi Masyarakat

1. Peranan Pasar 

a. Bagi konsumen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya. 

b. Bagi produsen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh bahan-bahan yang diperlukan dalam proses produksi serta memberikan kemudahan untuk menjual barang dan jasa hasil produksi. 

c. Bagi pemerintah, pasar juga memberikan kemudahan untuk memperoleh dan menjual barang dan jasa yang diperlukan oleh pemerintah. Selain itu, dapat menambah penerimaan pemerintah melalui penarikan pajak dan retribusi. 

2. Fungsi Pasar 

a. Fungsi Distribusi 
Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Melalui transaksi jual beli, produsen bisa memasarkan barangnya, baik langsung kepada konsumen maupun melalui para perantara (pedagang). Melalui transaksi jual beli itu juga, konsumen dapat memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan secara mudah dan cepat. Distribusi barang dan jasa yang lancar menunjukkan berfungsinya pasar. Sebaliknya, distribusi barang dan jasa yang macet menunjukkan terganggunya pasar. Kalian tentu masih ingat, peristiwa menumpuknya beras dan komoditas sembako lainnya di gudang-gudang saat krisis ekonomi memuncak tahun 1998. Gejala itu menunjukkan pasar tidak berfungsi sebagaimana mestinya; terbukti dari banyaknya grosir dan toko yang tutup karena takut kerusuhan. 

b. Fungsi Pembentukan Harga 
Dalam fungsi pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Melalui transaksi jual beli, penjual dan pembeli bisa melakukan tawar-menawar. Tawar-menawar itu dimaksudkan untuk mencapai kesepakatan harga barang atau jasa tertentu. Tawar-menawar akan terus berlangsung sampai pada harga yang bisa diterima penjual dan pembeli. 

Biasanya, harga yang dikehendaki oleh penjual lebih tinggi daripada harga yang diinginkan oleh pembeli. Hal itu terjadi karena ada perbedaan kepentingan antara penjual dan pembeli. Dalam menentukan harga, penjual memperhitungkan laba yang diinginkan, sedangkan pembeli memperhitung-kan manfaat barang atau jasa dan keadaan keuangannya. 

c. Fungsi Promosi 
Dalam fungsi promosi, pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa tertentu. Kadang-kadang setelah masuk pasar, seseorang membeli barang yang semula tidak direncanakan. Hal itu terjadi karena barang yang dipajang di pasar menarik perhatian dan mampu membangkitkan minat pembeli.


Semakin maraknya persaingan antar produsen barang atau jasa sejenis membuat fungsi promosi menjadi semakin penting. Hal itu tampak jelas pada bermunculannya beragam bentuk pameran baik besar maupun kecil, seperti: pameran komputer, pameran perangkat elektronika, dan pameran perumahan. Justru dalam kesempatan pameran seperti itu, transaksi jual beli sering terjadi.

Daftar Pustaka : Erlangga