Perbandingan Teknologi Komunikasi Masa Lalu dan Masa Kini

Perbedaan antara teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini dapat dilihat dari beberapa hal berikut.

1. Peralatan 
Komunikasi pada masa lalu masih menggunakan alat-alat sederhana. Alat bantu tersebut di antaranya beduk, kentongan, gambar, api, simbol, dan tanda jejak. Sarana komunikasi masa lalu yang masih ada sampai saat ini adalah beduk dan kentongan. Berbeda dengan alat komunikasi masa lalu, peralatan masa kini yang digunakan sudah modern.Teknologi komunikasi ditunjang dengan adanya satelit. Teknologi satelit mempermudah hubungan komunikasi dari berbagai belahan dunia. Peralatan komunikasi masa kini dapat dibedakan menjadi media komunikasi cetak dan elektronik. Alat bantu komunikasi tersebut di antaranya adalah surat, telepon, telegraf, faksimile, televisi, radio, dan multimedia (fasilitas internet). 

2. Penggunaan 
Cara menggunakan sarana komunikasi masa kini jauh lebih mudah, lebih praktis, dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan alat komunikasi masa lalu. Alat komunikasi masa lalu lebih menekankan pada cara manual dan sederhana. Alat komunikasi masa kini lebih praktis dan menggunakan teknologi tinggi yang lebih mahal. Selain mahal biayanya, alat komunikasi juga memeriukan energi atau tenaga listrik. Pesawat televisi misalnya, memerlukan tenaga listrik untuk menghidupkannya. Demikian juga komputer dengan perangkat multimedianya, hanya dengan menekan perintah maka kita bisa mendapatkan informasi dari seluruh belahan dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk. 

3. Jangkauan 
Jangkauan komunikasi adalah jarak terjauh yang mampu menghubungkan pihak yang berkomunikasi. Zaman dahulu orang masih menggunakan sarana komunikasi seperti kentongan atau beduk. Daya jangkau suara alat tersebut hanya beberapa meter saja. Dengan adanya perkembangan berbagai jenis teknologi komunikasi, sekarang kita bisa berhubungan langsung jarak jauh, baik antardaerah, antarnegara, bahkan antarbenua. Kita bisa memperoleh informasi atau hiburan melalui telepon, radio, televisi, koran, atau internet. Jangkauan komunikasi pada masa kini hampir tanpa batas. Berbagai peristiwa di berbagai belahan dunia dapat diketahui pada saat itu juga. Berikut ini adalah tabel perbandingan teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini.


Daftar Pustaka : YUDHISTIRA