Perbandingan Teknologi Produksi Masa Lalu dan Masa Kini

Perbandingan teknologi produksi masa lalu dan masa kini dapat dilihat dari berbagai segi, diantaranya sebagai berikut.

1. Tempat Produksi
Tempat produksi teknologi masa lalu sebagian besar bertempat di rumah-rumah penduduk. Mereka memanfaatkan sarana yang ada untuk memproduksi sesuatu. Pada teknologi produksi masa kini, tempat produksi menggunakan tempat khusus yang terpisah dari rumah pribadi. Tempat itu khusus dipergunakan untuk proses produksi namun sebagian kecil masih ada yang memanfaatkan fasilitas rumah pribadi. 

2. Peralatan Produksi 
Peralatan produksi masa lalu bersifat sederhana. Peralatan produksi menggunakan perlengkapan yang tersedia. Pada intinya peralatan produksi pada masa lalu hanya memanfaatkan sarana dan perlengkapan yang ada dan bersifat tradisional. Teknologi produksi masa kini menggunakan peralatan lebih lengkap dan modern. Peralatan produksi memanfaatkan tenaga listrik untuk menggerakkan mesin dan komputer. Pengolahan bahan baku sampai barang jadi diproses secara cepat dan dalam jumlah yang banyak. 

3. Tenaga Kerja 
Tenaga kerja pada teknologi produksi masa lalu mengandalkan keahlian seseorang. Mereka mempunyai bakat dan keahlian secara turun temurun. Mereka umumnya menguasai pekerjaan dalam beberapa hal saja. Tenaga kerja pada teknologi produksi masa kini menggunakan tenaga kerja yang terdidik dan terlatih. Mereka bekerja secara profesional. Para pekerja di sekolahkan ke lembaga yang lebih tinggi dan berkualitas, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Surnber daya manusia pada masa kini dituntut untuk meningkatkan kemampuannya. 

4. Bahan Baku 
Teknologi produksi masa lalu lebih banyak memanfaatkan bahan baku yang ada di lingkungan sekitarnya. Masyarakat menggunakan peralatan yang ada untuk memproduksi bahan baku yang tersedia. Lain halnya dengan teknologi masa kini. Bahan baku yang digunakan dari berbagai sumber alam. Bahan baku tidak dibatasi pemanfaatannya hanya dari lingkungan sekitarnya saja. Bahan kimia digunakan untuk meningkatkan kualitas menjadi lebih baik. 

5. Pengelolaan Produksi 
Pengelolaan produksi pada masa lalu ditangani secara kekeluargaan sedangkan pada masa kini dilakukan dengan memperhatikan besarnya keuntungan dan kerugian. Sumber daya manusia seperti tenaga kerja dan pemimpin menempati bidang pekerjaan sesuai keahliannya masing-masing.


Daftar Pustaka : Yudhistira