Pergerakan Rotasi Bumi Pada Sumbunya

Bumi bergerak mengitari matahari dalam waktu 365 hari, 6 jam, 9 menit, dan 10 detik, serta menempuh jarak sejauh 958 juta km. Waktu yang diperlukan oleh bumi untuk sekali mengitari matahari ini disebut satu tahun bumi. Dalam mengorbit matahari, bumi bergerak dengan kelajuan rata-rata 107,2 km/jam. Di samping bergerak mengitari matahari, bumi juga berputar pada porosnya. Waktu yang diperlukan untuk berputar satu kali pada porosnya sama dengan 23 jam, 56 menit, dan 4 detik, yang disebut sebagai satu hari bumi. 

Rotasi Bumi 
Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada sumbunya. Untuk menyelesaikan satu putaran penuh, bumi memerlukan waktu 24 jam. Jadi tiap jam sebuah titik di bumi bergeser sejauh 15°. Arah rotasi dari barat ke timur atau berotasi dengan arah negatif. Akibat rotasi itulah, benda-benda langit melakukan peredaran semu harian dari timur ke barat. 

Akibat rotasi bumi: 
a. Peredaran semu harian dari benda-benda langit. 
b. Peristiwa siang dan malam serta perbedaan waktu. 
c. Pembelokan arah angin pasat. 
d. Pembelokan arah arus laut. 
e. Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi. 

Revolusi Bumi 
Bumi beredar mengitari matahari pada suatu bidang orbit yang disebut ekliptika. Orbitnya hampir seperti lingkaran (360°) dengan periode 365 hari, 6 jam, 9 menit, dan 10 detik. Hal tersebut dinamakan satu tahun siderik, yaitu periode yang dihitung saat bumi bergerak mulai dari titik yang lurus dengan sebuah bintang dan berakhir tepat pada titik itu lagi. Orbit planet-planet lain tidak sebidang dengan ekliptika. Sudut yang dibentuk oleh ekliptika dengan bidang orbit planet lain itu dinamakan sudut inklinasi. 

Arah revolusi bumi adalah negatif atau arah timur, artinya arah peredarannya berlawanan dengan arah perputaran jarum jam. Sumbu bumi miring 66,5° terhadap bidang ekliptika. 

Akibat Revolusi Bumi: 
a. Gerak semu matahari tahunan. 
b. Perubahan lamanya waktu siang dan malam. 
c. Pergantian musim. 
d. Perubahan paralaks suatu bintang. 
e. Gerak semu bintang tetap di bola langit.


Daftar Pustaka : PT.PHIBETA ANEKA GAMA