Proses Pengolahan Bahan Baku Menjadi Bahan Jadi

Bahan baku adalah bahan untuk diolah melalui proses produksi menjadi barang jadi. Bahan jadi atau barang jadi adalah barang hasil pengolahan bahan baku sampai berbentuk dan sesuai dengan keperluan. Bahan jadi adalah barang siap pakai. 

Bahan baku disebut juga bahan mentah misalnya kayu, tanah liat, batu, dan pasir. Kayu diolah melalui proses produksi menjadi meja, kursi, dan pintu. Batu, pasir, dan semen diolah untuk membuat bangunan. Tanah liat diolah menjadi gerabah atau tembikar. Meja, kursi, pintu, bangunan, gerabah atau tembikar disebut bahan jadi. 

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kamu mengenal bahan-bahan yang terbuat dari karet. Bahan yang terbuat dari karet itu misalnya ban, sepatu, sandal, sarung tangan, kursi mebel, dan barang mainan. Dari manakah asalnya karet tersebut? 

Karet adalah bahan yang dapat melentur. Kelenturan karet tersebut berasal dari lateks. Lateks berasal dari getah pohon karet. Negara-negara utama penghasil karet adalah Malaysia, Indonesia, Thailand, Sri Langka, dan India. 

Pohon karet dapat menghasilkan getah yang baik pada umur tujuh tahun. Getah karet diambil dari pohonnya dengan cara disadap, yaitu dikelupas kulitnya agar getahnya menetes. Getah karet yang sudah terkumpul ini disebut lateks. Lateks kemudian diendapkan pada tempat pencetakan menjadi bentuk lembaran. Lembaran karet ini merupakan bahan baku untuk membuat berbagai barang jadi melalui proses produksi. Contoh barang jadi dari karet ini misalnya ban, Kamus Kecil sepatu, sandal, sarung tangan, bahan pelapis, dan barang mainan.


Daftar Pustaka : YUDHISTIRA