Relevansi Isi Dongeng dengan Situasi Pembelajaran

Dongeng adalah cerita tentang tokoh yang mengalami suka dan duka kehidupan. Banyak cerita dongeng yang dapat memberikan pelajaran yang baik untuk kehidupan kita. Misalnya, pelajaran tentang kebaikan moral yang selalu menang dalam melawan kejahatan, pengorbanan seorang ibu, dan kecerdikan dalam menghadapi masalah. Banyak cerita dongeng yang dapat kita ambil manfaatnya, agar kita selalu berhati-hati dalam perbuatan sehari-hari. 

Dari contoh cerita dongeng tersebut kita dapat mengambil manfaatnya.Tidak seharusnya kamu menilai seseorang dari ujud luarnya atau lahirnya saja.Akan tetapi,nilailah juga sikap dan budi pekertinya.Seperti halnya si Cue,walaupun bentuknya aneh seperti ubi,ternyata,ia seorang yang baik hati.Ketabahan dan keuletannya akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan.Masih banyak lagi cerita dongeng yang dapat kamu ambil manfaatnya.

Mendongeng dengan Alat Peraga 

Tentu kamu pernah melihat orang mendongeng dengan menggunakan bantuan alat peraga. Seperti wayang kulit yang dimainkan oleh seorang dalang, wayang golek yang terbuat dari kayu juga dimainkan oleh dalang. Pernahkah kamu melihat orang mendongeng dengan bantuan boneka tangan? Tentu kamu pernah melihat atau bahkan sering melihat "Laptop Si Unyil", film pendidikan yang ditayangkan pada salah satu stasiun televisi swasta. Tokoh dalam film tersebut dimainkan dengan tangan yang digerakkan oleh jari-jari tangan.

Membaca Teks Perangkat Upacara 

Membaca adalah suatu kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk kepentingan sendiri, membaca juga berfungsi untuk orang lain. Kegiatan membaca tidak dapat lepas dari kehidupan, contohnya kita setiap hari mendengar berita di radio, kita juga sering melihat pembacaan berita di televisi dengan gaya pembacaan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan dari teks itu sendiri. 

Cara membaca yang tidak benar akan menimbulkan makna yang berbeda, hasilnya akan terdengar kurang jelas atau tidak dapat dinikmati dengan baik oleh pendengar. Teks resmi atau teks yang dibacakan pada acara resmi memiliki gaya pembacaan yang berbeda.

Membaca teks upacara sekolah, sesuai dengan sifatnya yang resmi maka teks harus dibacakan dengan gaya yang terkesan resmi, tegas, jelas, dan khidmat.

Setiap hari Senin, di sekolah-sekolah selalu diadakan upacara bendera. Sekolah-sekolah juga mengadakan upacara peringatan pada hari-hari tertentu, seperti hari Sumpah Pemuda, hari Pendidikan Nasional, hari Pahlawan, hari Kebangkitan Nasional, dan sebagainya. Teks-teks yang biasa dibacakan saat upacara sekolah, antara lain: teks Pancasila, teks Pembukaan, dan teks Undang-Undang Dasar 1945.

Agar kamu dapat membaca teks-teks tersebut dengan benar, perhatikanlah hal-hal di berikut. 

a. Bersikaplah tenang jangan gugup. 
b. Ucapkan setiap kata dengan jelas dan benar. 
c. Perhatikanlah intonasi kalimat agar terdengar jelas. 
d. Sesekali pandanganmu terarah kepada peserta upacara. 
e. Berbicaralah dengan keras, tetapi jangan berteriak. 
f. Bacalah teks-teks tersebut dengan lancar dan jangan tergesa-gesa. 

Sebelum kamu melaksanakan tugas membaca teks tersebut di depan peserta upacara, berlatihlah membaca teks berulang-ulang sampai kamu dapat membaca dengan lancar. Minta tolonglah kepada salah seorang teman atau saudaramu untuk mendengarkan pendapat tentang kelancaran, kecepatan, sikap, intonasi, dan volume suaramu. Jika ada yang salah cara membacamu perbaikilah Selain teks Pancasila dan UUD 1945, masih ada teks perangkat upacara yang lain, misalnya teks susunan acara upacara, teks ikrar siswa Indonesia, dan teks doa. Teks doa di setiap sekolah berbeda-beda karena setiap sekolah dapat menentukan sendiri teks doa. 


Menulis Pengumuman 

Pengertian pengumuman dan jenis pengumuman telah kita bahas pada pelajaran yang lalu. Pada pelajaran kali ini, kamu akan belajar membuat pengumuman. Dalam membuat pengumuman, kamu harus menggunakan bahasa yang efektif dan komunikatif. Bahasa efektif artinya ditulis dengan bahasa yang singkat, lugas, dan langsung menjelaskan pada inti permasalahan. Adapun bahasa yang komunikatif adalah bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar.

Daftar Pustaka : PUSAT PERBUKUAN