Sejarah Pembubaran VOC

Parahnya kondisi keuangan VOC semakin di perburuk lagi oleh perubahan politik yang mewarnai Eropa. Pada tahun 1789, meletuslah revolusi_besar di Perancis. Pemerintahan kerajaan (monarki) digulingkan dan berganti menjadi republik. Gelombang revolusi tersebut membangkitkan reaksi di seluruh Eropa. Di berbagai kawasan benua itu muncul gerakan-gerakan, baik yang prorepublik maupun yang promonarki. Salah satu negara pendukung monarki adalah Inggris. Timbullah perseteruan antara Perancis dengan sekutunya melawan Inggris dengan sekutunya. Perseteruan ini tidak saja mencakup Eropa, melainkan juga belahan benua lain yang menjadi wilayah jajahan negara Eropa, termasuk Indonesia. 

Gelombang revolusi di Perancis juga memasuki Belanda. Pada tahun 1795, Kerajaan Belanda di bawah kekuasaan Raja Willem V digulingkan oleh patriot republikan yang dibantu Perancis. Status Belanda menjadi republik bernama Republik Bataaf (Bataafse Republiek). Sebagai republik, Belanda menjadi sekutu Perancis melawan kelompok promonarki, sehingga harus waspada menghadapi serangan Inggris. 

Sementara itu, Inggris meningkatkan kegiatannya di Asia. Umula_kapal_clau. pasukannya y_ang tunggwil terus amenis. merongrong kedudukan Satu demi satu, kedudukan VOC di Persia, Hindustan, Srilanka, dan bahkan Malaka dapat direbut Inggris. Sumatera dan Kalimantan merupakan incaran Inggris selanjutnya. VOC tidak dapat berbuat apa-apa menghadapi agresi Inggris tersebut. Blokade Inggris tidak dapat mereka tembus, sehingga rempah-rempah dan barang dagangan lainnya tidak bisa diangkut ke Eropa. Bertumpuklah rempah-rempah yang membusuk di gudang. Masalah ini sudah tentu semakin menyulitkan kondisi keuangan VOC. 

Kemelut yang dihadapi VOC menyadarkan pemerintah Republik Bataaf bahwa kongsi dagang ini tidak bisa diandalkan untuk menangkal agresi Inggris ke Indonesia. Oleh karena itu, pada tahun 1799, pemerintah mencabut hak berdirinya (octrooi) VOC. Semua kekayaan dan hutang VOC diambil alih oleh negara. Sejak tanggal 31 Desember 1799, VOC resmi dibubarkan. Sejak saat itu pula, kuasa VOC atas Indonesia langsung berada di bawah pemerintah Republik Bataaf. 


Daftar Pustaka : ERLANGGA