Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Brasil

1. Kerja Sama Indonesia dengan Amerika Serikat
 
A. Kerja Sama Bilateral
Hal-hal yang berhubungan dengan kerja sama bilateral Indonesia dengan Amerika Serikat adalah sebagai berikut.
  • Indonesia dan Amerika Serikat menjalin hubungan diplomatik.
  • Hubungan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan dijalin dalam bentuk tukar-menukar mahasiswa dan pelajar serta pementasan kesenian.
  • Satelit sumber daya Amerika Serikat (Landsat) sering digunakan dalam pembuatan berbagai peta sumber daya di Indonesia.
  • Indonesia dan Amerika Serikat menjalin hubungan dagang. Amerika Serikat mengimpor karet, kapuk, lada, tapioka, kina, rempah-rempah, kelapa sawit, timah, dan bauksit dari Indonesia. Indonesia mengimpor barang-barang berupa mesin, makanan dalam kaleng, barang-barang kimia, pesawat terbang, kapal laut, senjata, dan hasil industri logam dari Amerika Serikat.
  • Amerika Serikat memberikan izin kepada orang Indonesia untuk menjadi astronaut untuk melakukan misi penelitian di ruang angkasa.

B. Kerja Sama Internasional
Indonesia dan Amerika Serikat ikut berpartisipasi dalam pertandingan olahraga, misalnya olimpiade. Indonesia dan Amerika Serikat sama-sama menjadi anggota PBB.
 
2. Kerja Sama Indonesia dengan Kanada

A. Kerja Sama Bilateral
Indonesia dan Kanada menjalin hubungan diplomatik. Antara Indonesia dan Kanada telah terjalin hubungan dagang. Indonesia mengimpor obat-obatan dan bahan kimia dari Kanada. 

B. Kerja Sama Internasional
Indonesia dan Kanada berpartisipasi dalam pertandingan olahraga internasional, misalnya dalam kejuaraan Thomas Cup dan olimpiade. Indonesia dan Kanada sama-sama menjadi anggota PBB. 

3. Kerja Sama Indonesia dengan Meksiko  
Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Brasil

A. Kerja Sama Bilateral
Bentuk kerja sama bilateral antara Indonesia dan Meksiko dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Indonesia dan Meksiko menjalin hubungan dagang. Meksiko mengimpor karet, kina, kelapa sawit, dan bauksit dari Indonesia. Indonesia mengimpor bahan-bahan kimia, alat-alat elektronik, dan bahan dasar obat-obatan dari Meksiko.
  • Antara Indonesia dan Meksiko terjalin hubungan diplomatik.
  • Kerja sama dalam bidang kebudayaan dijalin dengan saling mengadakan pementasan kesenian di antara kedua negara.
  • Kerja sama dalam bidang pendidikan dijalin dalam bentuk tukar-menukar mahasiswa dan pelajar.

B. Kerja Sama Internasional
Indonesia dan Meksiko sama-sama menjadi anggota PBB. Indonesia dan Meksiko berpartisipasi dalam pertandingan olahraga intemasional, misalnya olimpiade.

4. Kerja Sama Indonesia dengan Brasil  
A. Kerja Sama Bilateral
Kerja sama bilateral antara Indonesia dan Brasil berjalan dengan baik. Kerja sama dalam bidang perdagangan terjadi dalam hal pemasaran kopi dan kamt. Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Brasil. Brasil dan Indonesia tergabang dalam Coffee Agreement. Ekspor Indonesia ke Brasil melipufi karet alam. pakaian jadi. dan barang-barang elektronik. Impor Indonesia dari Brasil rnadu, dan makanan ternak. 

B. Kerja Sama Internasional
Indonesia dan Brasil sama-sama menjadi anszgou PBB dan anggota Gerakan Non - Blok. Indonesia dan Brasil ikut berpartisipasi dalam pertandingan olahraga intemasional, misalnya olimpiade.



Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju