Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Inggris, Jerman, Belanda, dan Prancis

1. Kerja Sama Indonesia dengan Inggris

Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Inggris. Indonesia dan Inggris saling mengadakan hubungan dagang. Ekspor Indonesia ke Inggris meliputi karet alam, kayu lapis, teh, kayu, kopra, kelapa sawit, bauksit, dan mangan.

Impor Indonesia dari Inggris berupa kendaraan bermotor, mesin-mesin, bahan kimia, listrik, baja, dan pipa besi. Inggris termasuk negara kreditor Indonesia karena Inggris termasuk negara anggiota Consultative Group on Indonesia (CGI). 

2. Kerja Sama Indonesia dengan Jerman 

Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan Jerman. Selain itue Indita ameaSalin hubungan ekonomi dengan Jerman. Ekspor Indonesia ke Jerman adaki itarbakar dart karet alam, sedangkan impomya meliputi mesin-mesin, mobil. kapal laut, barr tsg elektronik. besi, dan baja. Indonesia juga menjalin hubungan dengan Jerman kesenian dan kebudayaan, pariwisata, dan pendidikan. Banyak pemuda dan pelajar di indonesia yang belajar di Jerman. 

Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Inggris, Jerman, Belanda, dan Prancis

3. Kerja Sama Indonesia dengan Belanda

Indonesia mempunyai hubungan diplomatik dengart Belanda Di samping itu, Indonesia juga menjalin hubungan dagang (ekonomi sosial budaya,, dan ilmu pengetahuan dengan Belanda. Di bidang pergetahuan diadakannlah pertukaran pelajar. mahasiswa, dan cendikiawan di antara kedua negara. Orang Belanda banyak belajar sastra dan budaya Indonesia, terutama kebudayaan Jawa (gamelani. 

4. Kerja Sama Indonesia dengan Prancis

Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Prancis. Indonesia menjalin kerja sama ekonomi dengan Prancis. Ekspor Indonesia ke Prancis meliputi ikan dan lada, sedangkan impor Indonesia dari Prancis meliputi mobil, barang-barang elektronik, lokomotif, dan mesin-mesin. 

Banyak wisatawan Prancis datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Berdasarkan letak geografisnya,Benua Eropa terletak di sebelah utara Benua Afrika,disebelah barat Benua Asia,dan disebelah timur Benua Amerika.Benua Eropa terbagi atas Eropa Barat,Eropa Utara,Eropa Timur,Eropa Selatan,dan Eropa Tengah.

Sebagian Benua Eropa beriklim dingin dan sebagian lainnya beriklimk sejuk dengan empat musim,yaitu musim gugur,musim dingin,dan musim semi.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju