Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Jepang, India, Cina, dan Arab Saudi

Bentuk kerja sama Indonesia dengan negara Jepang, India, Cina, dan Arab Saudi dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Kerja Sama Indonesia dengan Jepang


Kerja sama Indonesia dengan Jepang meliputi. kerja sama bidang politik, ekonomi, teknologi, pendidikan, dan kebudayaan. 

A. Bidang PolitikKerja sama bidang politik antara Indonesia Jepang dilakukan dengan saling menempatkan perwakilan diplomatik. Indonesia enempatkan wakil diplomatik di Jepang, sebaliknya Jepang menempatkan diplomatik di Indonesia. 

B. Bidang Ekonomi Indonesia mengekspor minyak bumi mentah, gas alam cair, aluminium, bijih logam, besi. timah, tembaga, bauksit, kayu lapis, kopi, dan rumput laut ke Jepang. Sebaliknya. Indonesia mengimpor hasil-hasil industri, seperti mesin kendaraan bermotor. peralatan mobil, barang-barang elektronik, kapal, mesin-mesin industri, bahan kimia. dan pipa besi baja dari Jepang. Jepang banyak menanamkan modal di Indonesia, terutama dalam bidang industri otomatif dan elektronik. 

C. Bidang TeknologiJepang banyak memberi bantuan tenaga ahli kepada Indonesia. Bantuan tenaga ahli itu misalnya dilakukan untuk penambangan kilang minyak di Plaju dan penambangan pasir besi di Cilacap. 

D. Bidang Pendidikan dan KebudayaanKerja sama Indonesia dengan Jepang dalam bidang pendidikan dan kebudayaan misalnya dilakukan dengan dibentuknya Lembaga Indonesia—Jepang yang mengurus pertukaran pelajar kedua negara. Banyak pemuda/pemudi Jepang mempelajari kebudayaan Indonesia. 

2. Kerja Sama Indonesia dengan India 


Kerja sama antara Indonesia dan India dilakukan dalam bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan.
 
A. Bidang PolitikKerja sama bidang politik antara Indonesia dan India, di antaranya, dilakukan de-ngan mengadakan hubungan diplomatik dan saling menempatkan duta besar. Baik Indonesia maupun India sama-sama negara pemrakarsa Konferensi Asia—Afrika dan bergabung dalam organisasi nonblok. 

B. Bidang Ekonomi Pada waktu perang kemerdekaan India pernah mengirim obat-obatan dan tenaga dokter ke Indonesia. Sebaliknya, dalam usaha membantu pemerintah dan rakyat India mengatasi bahaya kelaparan, pemerintah Indonesia pernah memberikan bantuan beras sebanyak lima juta ton.

India mengekspor kendaraan bermotor, bus, karung goni, sapi angole, kambing ettawa, kapas, dan makanan ternak ke Indonesia. Sebaliknya, India mengimpor karet, kopi, rempah-rempah, pakaian jadi, minyak kelapa, bumbu masak, dan batu bara dari Indonesia. 

C. Bidang KebudayaanKebudayaan Indonesia banyak terpengaruh kebudayaan India. Pengaruh itu misalnya dapat dilihat pada bahasa Sanskerta dan karya sastra yang terdapat di Indonesia. 

3. Kerja Sama Indonesia dengan Cina

Kerja sama Indonesia dengan Cina terjadi dalam bidang politik, ekonomi, dan kebu-dayaan.
 
A. Bidang Politik Sejak pemerintahan Orde Baru, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Cina dirintis kembali. Dalam bidang politik kedua negara saling menempatkan duta besar. Pada bulan Agustus 1996 telah ditandatangani Memorandum Of Understanding antara Presiden Soeharto dan Perdana Menteri Li Peng sebagai tanda mencairnya kembali hubungan diplomatik kedua negara. Peristiwa penandatanganan itu terjadi di Jakarta. Sebagai tindak lanjut dari hubungan tersebut, Cina juga berkeinginan masuk menjadi anggota ASEAN. 

Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Jepang, India, Cina, dan Arab Saudi

 B. Bidang EkonomiPada bulan Juli 1985 telah ditandatangani perjanjian kerja sama ekonomi antara Kadin Indonesia dan Badan Promosi Perdagangan Intemasional Cina. Peristiwa terse-but terjadi di Singapura. Dengan demikian, hubungan ekonomi antara kedua negara mulai berkembang. 

C. Bidang KebudayaanKebudayaan Cina banyak berpengaruh terhadap kebudayaan Indonesia. 

4. Kerja Sama Indonesia dengan Arab Saudi

Kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi meliputi bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.
 
A. Bidang Politik Sejak tahun 1947 Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Arab Saudi. 

B. Bidang Ekonomi Dalam bidang ekonomi Indonesia dan Arab Saudi saling mengadakan hubusgas perdagangan. Indonesia mengekspor kayu lapis, teh, pakaian jadi, kain mori. dan sag batik ke Arab Saudi, sedangkan Indonesia mengimpor minyak mentab dan gadmin dari Arab Saudi. 

Indonesia dan Arab Saudi sama-sama menjadi anggota OPEC. Arab Saudi juga menanamkan modal untuk pembangunan pabrik pupuk Pusri IV Palembang.

C. Bidang Sosial Budaya Kerja sama Indonesia dengan Arab Saudi dalam bidan2 sersial budaya dapat dike-mukakan sebagai berikut:
  • Arab Saudi memberi bantuan bea.siswa kepada mahasiswa Indonesia yang men-dalami ilmu agama di Arab Saudi.
  • Setiap tahun Indonesia mengirim jemaah haji ke Arab Saudi.
  • Banyak tenaga kerja Indonesia bekerja di Arab Saudi, terutama Tenaga Kerja Wanita (TKW)



Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju