Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Mesir, Zaire, Kenya, Nigeria, Malagasi, dan Afrika Selatan

1. Kerja Sama Indonesia dengan Mesir 

Kerja sama Indonesia dengan Mesir meliputi kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.,
 
A. Bidang Politik
Kerja sama bidang politik antara Indonesia dan Mesir, misalnya dapat dikemukakan sebagai berikut.
  • Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Mesir.
  • Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.
  • Indonesia dan Mesir merupakan pelopor berdirinya gerakan nonblok.
  • Mesir ikut dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung.

B. Bidang Ekonomi
Indonesia dan Mesir telah lama menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi. Mesir mengimpor kapas, benang tenun, pupuk, bumbu masak, baja, bahan kimia, alkokol, dan plastik dari Indonesia. Sebaliknya, Indonesia mengekspor kayru lapis, teh, ban, kertas, dan sanmg batik ke Mesir. 

C. Bidang Sosial Budaya
Banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan kuliah di Kairo, sebaliknya, banyak tenaga sarjana Niesir yang rnemberikan kuliah di Perguruan Tinggi Indonesia. Setiap bulan Ramadan. Qoriah Mesir datang ke Indonesia guna mengisi pembacaan Alquran di masjid-masjid berbagai kota. 

2. Kerja Santa Indonesia dengan Zaire
 
Kerja sama indonesia dengan Zaire meliputi kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial bucia)a. Dalam bidang politik Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik dengan Zaire Indonesia banyak membantu Zaire pada awal kemerdekaan. Indonesia turut membantu menyelesaikan perang saudara yang berkecamuk di Zaire. Bantuan Indonesia itu disalurkan lewat PBB, yaitu dengan mengirimkan Pasukan Garuda ke negara Zaire. 

Hubungan kerja sama Indonesia dengan Zaire dalam bidang ekonomi diawali dengan kunjungan Presiden Soeharto ke Zaire. Indonesia juga menjalin hubungan kerja sama dengan Zaire dalam bidang pendidikan, kebudayaan, teknologi, dan pariwisata. 

3. Kerja Sama Indonesia dengan Kenya
Kerja sama Indonesia dengan Kenya meliputi kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.
Antara negara Indonesia dan Kenya telah terjalin hubungan diplomatik. Indonesia dan Kenya juga bekerja sama dalam organisasi gerakan nonblok. 

Pemimpin negara Indonesia dan Kenya saling mengadakan kunjungan dalam rangka merintis kerja sama dalam berbagai bidang, terutama kerja sama dalam bidang ekot nomi dan pertanian. Indonesia juga menjalin kerja sa. ma dengan Kenya dalam bidang pendidikan, kebudayaan. teknologi, pariwisata, dan perdagangan. 

4. Kerja Sama Indonesia dengan Nigeria 

Kerja sama Indonesia dengan Nigeria terjadi dalam bidang politik dan ekonomi. Dalam bidang ekonomi kedua negara telah mengadakan hubungan diplomatik. Kedua negara juga mengadakan kerja sama dalam organisasi gerakan nonblok.

Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Negara Mesir, Zaire, Kenya, Nigeria, Malagasi, dan Afrika Selatan

Dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Nigeria telah menjalin kerja sama dalam bidang perdagangan. Ekspor Indonesia ke Nigeria meliputi tekstil, barang-barang elektronik, dan obat-obatan. Impor Indonesia dari Nigeria, terutama, adalah uranium. Indonesia juga bekerja sama dengan Nigeria dalam mengendalikan perdagangan minyak bumi intemasional melalui OPEC. 

5. Kerja Sama Indonesia dengan Malagasi 
 
Kerja sama Indonesia dengan Malagasi terjadi dalam bidang politik dan ekonomi. Dalam bidang politik Indonesia dan Malagasi telah menyelenggarakan lembaga diplomatik. Indonesia dan Malagasi juga bekerja sama dalam forum gerakan nonblok.

Indonesia dan Malagasi mengadakan hubungan ekonomi. Hal itu tampak pada ekspor dan impor kedua negara. Indonesia mengekspor logam, bahan makanan, tekstil, dan pakaian jadi ke Malagasi. Sebaliknya, Indonesia mengimpor mika dan krom dari Malagasi. 

6. Kerja Sama Indonesia dengan Afrika Selatan 

Kerja sama Indonesia dengan Afrika Selatan terjadi dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya. Dalam bidang politik Indonesia telah lama menjalin hubungan diplomatik dengan Afrika Selatan. Indonesia dan Afrika Selatan juga bekerja sama dalam forum gerakan nonblok. 

Dalam bidang ekonomi Indonesia dan Afrika Selatan saling mengadakan kunjungan dalam rangka menjalin hubungan kerja sama, terutama kerja sama dalam bidang ekonomi. Indonesia pernah menyelenggarakan promosi pariwisata di Afrika Selatan dengan cara menggelar promosi kesenian. Di bidang pendidikan telah dilaksanakan studi di antara kedua negara.




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju