Cara Menggunakan Peta Benua Amerika

Benua Amerika terdiri atas dua wilayah yang sangat luas, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan Amerika Tengah sebagai penghubungnya. Ada sebagian buku yang menganggap bahwa Amerika Utara dan Amerika Selatan sebagai dua benua. 

Jika Amerika Utara dan Amerika Selatan digabungkan dengan penghubung Amerika Tengah, benua Amerika merupakan benua terbesar ke-2 setelah Benua Asia. Benua Amerika disebut dunia baru karena benua tersebut baru ditemukan pada Abad ke-15. Nama Benua Amerika berasal dari nama seorang yang telah berhasil menjelajah benua tersebut. Ia adalah Amerigo Vespucci. Ia menjelajah benua tersebut pada tahun 1501-1503. 

1. Batas-Batas Negara dan Ibukota
Benua Amerika terdiri atas Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Negara-negara yang terletak di Benua Amerika Utara, Amerika Tenkah, dan Amerika Selatan dapat dilihat pada daftar-daftar berikut. 

2. Pegunungan
Di Amerika Utara dan Amerika Selatan terdapat deretan pegunungan yang membujur dari Alaska bagian utara hingga Pulau Tierra del Fuego di selatan. Puncak pegunungan yang tinggi adalah Pegunungan Andes, Cascades, dan Sierra Nevada. Di antara pegunungunan tersebut terdapat dataran rendah yang luas yang merupakan daerah pertanian yang subur. 

3. Sungai dan Danau
Pada dataran rendah banyak mengalir sungai, seperti Sungai Missouri, Sungai Tennesse, Sungai Ohio, dan Sungai Arkansas. Sungai-sungai tersebut menjadi satu dengan Sungai Missisipi yang mengalir ke arah selatan dan bermuara di Teluk Meksiko. 

Di Amerika Selatan mengalir Sungai Amazone. Sungai Amazone merupakan sungai terbesar di dunia. Di sepanjang Sungai Amazone terdapat hutan terlebat di dunia yang disebut neraka hijau. Di Brasil Selatan, di antaranya, mengalir Sungai Parana dan Sungai Tiete. 

Cara Menggunakan Peta Benua Amerika

Danau yang terdapat di Amerika Utara dan Amerika Tengah, antara lain, Danau Winnipeg, Danau Superior, Danau Michigan, Danau Huron, Danau Erie, Danau Ontario. Da-nau Great Slave, Danau Great Salt, dan Danau Nicaragua. Antara Danau Erie dan Danau Ontario terdapat air terjun Niagara. Danau-danau yang terdapat di Amerika Selatan antara lain Danau Maracaibo. Danan Titicaca, dan Danau Poopo. 

4. Bentang Alam Lainnya
Lebar daratan Amerika Utara dari pantai barat ke pantai timur ±6.000 km Lebar daratan Amerika Selatan dari pantai barat ke pantai timur ±5.200 km. Panjang Benua Amerika ±18.000 km. 

Di Wilayah bagian barat Amerika membujur pegunungan tinggi dari utara ke selatan. akibat pelipatan kulit bumi pada danau tersier. Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Pada tanah genting tersebut dibuat sebuah terusan, yaitu Terusan Panama. 

Terusan Panama menghubungkan dua samudra, yakni Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Pada bagian selatan Amerika Serikat terdapat Teluk Meksiko. yang berdekatan dengan Jazirah Florida. Pantai Barat yang berhadapan dengan Samudra Pasifik berbukit-bukit batu dan tidak banyak teluknya. 




Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju