Ciri ciri Makhluk Hidup

Jika kamu mengamati lingkungan sekitar, maka tentu akan kamu jumpai bermacam-macam makhluk hidup dan benda-benda lain yang bukan makhluk hidup. Namun, apakah sebenarnya hidup itu? Kita tidak dapat menjawab secara langsung. 

Kita tidak dapat menyatakan sesuatu itu hidup karena seperti manusia atau pohon dan sesuatu tidak hidup sarena menyerupai batu atau tanah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui dalam hal apa saja uk hidup berbeda dari benda mati. 

Coba sekarang kamu ingat-ingat kembali ciri-ciri makhluk hidup yang telah dipelajari .sekolah dasar (SD). Bagus! Kamu telah mencoba dan mengerjakannya dengan baik. Gejala-gejala yang kamu tuliskan pada tabel, pengamatan adalah ciri-ciri makhluk hidup dan merupakan kegiatan fungsional yang erat kaitannya dengan fungsi bagian tubuh makhluk hidup. 

Mengapa makhluk hidup melakukan kegiatan fungsional seperti yang diperlihatkan oleh ciri-cirinya? Untuk menjawab pertanyaan itu, pelajarilah uraian tentang makhluk hidup berikut! 

Kegiatan fungsional yang menunjukkan ciri-ciri kehidupan, antara lain bernapas (respirasi), bergerak dan reaksi terhadap rangsang, memerlukari air, memerlukan makanan (nutrisi), mengeluarkan zat sisa (ekskresi), tumbuh dan berkembang, serta berkembang biak (reproduksi).

  • Bernapas (Respirasi)
Semua makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, melakukan proses pernapasan. Proses tersebut berlangsung setiap saat selama hidupnya. Makhluk hidup mengambil oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air ke dalam lingkungannya. 

Oksigen di dalam tubuh makhluk hidup digunakan untuk proses pembakaran zat makanan (oksidasi biologi). Proses tersebut akan menghasilkan energi yang digunakan untuk aktivitas hidup. Proses pembakaran tersebut dikenal juga sebagai pernapasan sel karena berlangsung di dalam sel. 

Hewan bernapas dengan organ pernapasan khusus sesuai dengan jenis dan lingkungannya. Pada umumnya, organ pernapasan hewan melakukan gerak aktif untuk memasukkan dan mengeluarkan gas. Keluar masuk udara pernapasan pada tumbuhan melalui celah-celah permukaan daun yang disebut mulut daun (stomata) dan permukaan batang yang disebut lentisel secara difusi. 

Untuk membuktikan bahwa hewan melakukan pernapasan, kamu dapat dengan mudah membuktikannya, seperti mengamati gerak naik-turunnya bagian dada atau perut hewan tersebut. Akan tetapi, bagaimanakah membuktikan pernapasan pada tumbuhan? 

  • Bergerak dan Reaksi terhadap Rangsang
Gerak merupakan perpindahan bagian tubuh. Gerak merupakan suatu tanggapan terhadap rangsang tertentu (iritabilitas). Hewan dan manusia dapat bergerak bebas, sedangkan tumbuhan bergerak terbatas atau bergerak pada sebagian tubuhnya. 

Tumbuhan bergerak dapat ditunjukkan seperti pada menutupnya daun tanaman si kejut jika tersentuh; tanaman petai cina, bungur, dan turi jika sore hari daunnya menutup seolah tidur; atau gerak membelit pada tanaman merambat.
  • Memerlukan Air
Semua rnakhluk hidup memerlukan air. Pernahkah kamu mengambil beberapa bunga segar dan me-letakkannva dalam gelas yang berisi air? Mengapa kamu perlu melakukan itu? Pada Kerja Siswa 4.2, kamu akan melihat yang terjadi bila daun tidak mendapat air.

  • Memerlukan Makanan (Nutrisi)
Semua makhluk hidup memerlukan makanan vang digunakan untuk
  • menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas hidupnya.
  • mengganti sel-sel yang rusak dan pertumbuhan, serta
  • mengatur proses-proses dalam tubuh.

Untuk mendapatkan makanan, tumbuhan membuat sendiri makanannya. Tumbuhan memanfaatkan zat hijau daun (klorofil) sehingga dapat menyusun zat gula dari karbon dioksida CO2) dan air (H2O) dengan bantuan cahaya matahari. Peristiwa itu disebut fotosintesis.

Makhluk hidup lain memperoleh makanan dari bahan yang sudah jadi, baik berup tumbuhan maupun makhluk hidup lainnya. Bandingkanlah Gambar 4.3! Bagaimanaka makhluk hidup memperoleh makanan (nutrisi)? Kedua makhluk hidup yang berbeda tersebu sama-sama memerlukan makanan. Tumbuhan membuat makanan dengan fotosintesis sedangkan burung hantu memangsa hewan lain yang menjadi makanannya. 

  • Mengeluarkan Zat Sisa(Ekskresi)
Semua makhluk hidup mengeluarkan zat sisa (ekskresi). Zat sisa pada manusia berupa urine, keringat, dan karbon dioksida. Zat sisa tersebut hasil dari kegiatan metabolisme. Urine dikeluarkan dari ginjal, keringat dikeluarkan melalui kulit, dan karbon dioksida dikeluarkan dariparu-paru. 

Zat sisa tersebut memang sudah tidak berguna bagi tubuh sehingga harus dikeluarkan. Jika zat sisa tersebut tidak dikeluarkan, maka dapat menjadi racun bagi tubuh yang bersangkutan. Tumbuhan juga mengeluarkan zat sisa melalui permukaan batang dan mulut daun.

Ciri ciri Makhluk Hidup

  • Tumbuh dan Berkembang
Makhluk hidup memperlihatkan pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah zerubahan dari kecil menjadi besar karena bertambahnya jumlah sel dan volume sel. Proses but tidak dapat balik (irreversible). Contoh pertumbuhan adalah berudu (kecebong) yang tumbuh menjadi katak dewasa dan biji yang berkecambah tumbuh menjadi tumbuhan besar. 

Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan adalah perubahan makhluk hidup menuju kedewasaan. Kedewasaan pada hewan ditunjukkan dengan mulainya ada kemampuan untuk menghasilkan keturunan, sedangkan kedewasaan pada tumbuhan ditunjukkan dengan tumbuhan itu berbunga. 

Semua kehidupan dimulai dari sel yang mengalami perkembangan. Pada hewan perkembangan dimulai dari sel telur yang dibuahi oleh sel sperma kemudian menjadi zigot atau embrio. Untuk dapat berkembang sampai lahir, embrio mempunyai beberapa kebutuhan, vaitu perlindungan, makanan, oksigen dan pembuangan sisa metabolisme. Dan manakah embrio mendapatkan makanan dan oksigen? Diskusikanlah bersama teman-temanmu!

  • Berkembang Biak (Reproduksi)
Sebagai kelanjutan proses tumbuh dan berkembang, makhluk hidup melakukan perkembangbiakan yang menghasilkan keturunan untuk mempertahankan jenisnya dari kepunahan. Perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan berlangsung secara kawin (generatif) atau secara tidak kawin (vegetatif). Makin rendah tingkatan makhluk hidup itu makin mudah dan cepat perkembang-biakannya. 

  • Persamaan atau Perbedaan Tumbuhan dan Hewan
Kita telah membahas ciri-ciri makhluk hidup dan aktivitas kehidupan. Dari pembahasan tersebut, kamu telah mengetahui perbedaan makhluk hidup dari benda mati. Selain itu, kamu telah sedikit mengulas tentang persamaan atau perbedaan antara tumbuhan dan hewan. Untuk lebih memahami persamaan atau perbedaan antara tumbuhan dan hewan, simaklah penjelasan pada tabel berikut.



Daftar Pustaka: Yudhistira