Contoh dan Bentuk Etiket dalam Jamuan Makan Resmi

Ketika menghadiri suatu jamuan makan resmi, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana etiket menghadiri jamuan makan resmi tersebut. Hal ini diperlukan untuk menghindari emungkinan terjadinya kesalahan.

Adapun etiket dalam jamuan makan resmi adalah sebagai berikut:
  • Tamu undangan biasa harus datang tepat waktu sesuai undangan, 10 15 menit sebelum acara, sedangkan VIP (Very lmportant Person) atau VVIP (Very Very lmportant Person) ada baiknya untuk datang sedikit terlambat.
  • Pakailah busana sesuai ketentuan, jangan sampai Anda satu-satunya yang memakai busana berbeda.
  • Sebelum acara jamuan makan dimulai, biasanya ada pre dinner sambil menunggu tamu VIP atau VVIP. Tamu sambil berdiri menikmati hidangan berupa kue-kue kecil atau aneka kripik dan minuman seperti cocktail, dan juice.
  • Ambilah minuman dan kue yang Anda suka dan jangan sungkan makan sambil berdiri dan bercakap-cakap. Diusahakan percakapan yang bersifat netral, seperti tentang telenovela favorit, hobi dan kabar teman maupun keluarga bisa dijadikan topik pembicaraan. Sebaiknya obrolan dilakukan berkelompok, gunakan nada suara sedang dan selingi dengan joke ringan agar suasana lebih akrab dan hidup.
  • Beberapa saat setelah tamu kehormatan datang, protokol akan mengumumkan/mempersilakan para tamu untuk memasuki ruangan jamuan makan.
  • Protokol dan manajer acara akan mengantar serta membantu tamu kehormatan di saat duduk, terutama tamu-tamu wanita. Caranya dengan menarik kursi dan mengangkat bagian belakang sedikit dan setelah tamu berdiri di antara meja dan kursi-kursi kembali didorong ke depan dengan hati-hati sehingga bagian belakang lutut hampir bersentuhan dengan kursi.
  • Hal serupa diikuti oleh meja-meja lain, tamu wanita yang akan duduk dapat dibantu pria yang duduk di sebelahnya.
  • Tamu wanita boleh mengucapkan terima kasih tetapi tidak boleh tengok sana tengok sini dan terlalu banyak tertawa, pandangan harus lurus ke depan.
  • Sikap duduk harus tegak, baik selama menunggu makanan sampai makanan dihidangkan atau pun saat menyantap makanan. Pada saat menunggu makanan dihidangkan sebaiknya tamu wanita meletakkan tangannya di pangkuan dan tamu pria di pegangan kursi. 
 
Contoh dan Bentuk Etiket dalam Jamuan Makan Resmi

  • Selama jamuan makan berlangsung kedua belah kaki sebaiknya dilipat ke belakang, ambil napkin yang terlipat rapi di meja bentangkan lebar-lebar di atas pangkuan sebagai pertanda siap untuk memulai makan, jika ukuran napkin terlalu lebar, bukalah separuhnya saja.
  • Jangan meletakkan napkin di meja makan sampai Anda betul-betul siap untuk pulang. Bila harus meninggalkan meja untuk sesaat, letakkan napkin di kursi. Setiap kali selesai menggunakan napkin untuk membersihkan mulut, lipat kembali napkin dengan posisi yang kotor di bagian dalam agar tamu lain yang berada satu meja dengan Anda tidak dapat melihatnya. 
  • Saat hidangan pembuka sudah disajikan sampai hidangan penutup disantap, setiap tamu terikat oleh suatu peraturan yang sangat ketat belum bebas bersenda gurau atau mengobrol dan tertawa, barulah setelah hidangan penutup selesai dihidangkan tamu bebas untuk bercanda atau mengobrol tetapi masih dalam tahap-tahap kewajaran etika. 
  • Bila jamuan makan sudah selesai dan Anda bermaksud pulang, ucapkan terima kasih, komentari dengan "jamuannya memuaskan sekali," dan jangan berkomentar "makanannya enak sekali" komentar ini akan menimbulkan kesan seolah-olah tidak pernah makan makanan tersebut. 


Daftar Pustaka: Erlangga