Contoh Pertumbuhan dan Permasalahan Penduduk Dunia

Jumlah penduduk dunia dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Besarnya peningkatan jumlah penduduk tiap-tiap benua terlihat pada tabel di bawah ini.

Berdasarkan tabel tersebut terlihat bahwa tingkat pertumbuhan penduduk Benua Afrika masih tinggi, yaitu 3% per tahun, sementara Eropa dan Amerika Utara sangat rendah, yaitu 0,2% 0,8% per tahun. Tingkat pertumbuhan penduduk Amerika Selatan juga menunjukkan gejala yang masih tinggi, yaitu 2,1% per tahun.

Angka pertumbuhan penduduk diperoleh dari selisih antara jumlah kelahiran dan kematian ditambah selisih antara jumlah penduduk yang datang dan yang pergi. Selisih antara jumlah kelahiran dan kematian disebut pertambahan penduduk alamiah, sedangkan selisih antara penduduk yang masuk dan yang keluar disebut migrasi. 

Dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan manusia mampu meningkatkan taraf hidupnya dan menyebabkan turunnya tingkat kematian sehingga pertumbuhan penduduk meningkat. Tingkat pertumbuhan penduduk yang cepat menuntut tersedianya fasilitas kehidupan, khususnya sandang, pangan papan, fasilitas pendidikan, lapangan kerja, dan kesehatan yang memadai. 

Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. Pertumbuhan penduduk harus diimbangi dengan peningkatan bahan pangan. Kualitas pangan sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan kesehatan masyarakat. Terganggunya penyal.uran bahan pangan bagi penduduk suatu negara terkadang dapat menimbulkan goncangan sosial, ekonomi, dan politik negara tersebut. 

Di kota-kota besar di dunia timbul masalah pertampungan kumuh. Salah satu penye-bab timbulnya hal itu adalah urbanisasi. Urbanisasi yang tidak terkendali dan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk merupakan faktor munculnya perkampungan kumuh di kota-kota besar. 

Perkampungan kumuh di kota-kota besar memunculkan penyakit sosial seperti kejahatan dan prostitusi. Pengadaan fasilitas perumahan yang tidak seimbang dengan permintaan dapat menimbulkan kepincangan sosial. 

Contoh Pertumbuhan dan Permasalahan Penduduk Dunia

Pendidikan merupakan suatu wahana bagi manusia unituk menciptakan orang berpikiran maju dan mampu beradaptasi dengan lingkungan. Negara yin sudah maju perekonomiannya biasanya maju pula tingkat pendidikannya. Tingkat penclidikan masyarakat di negara berkembang tergolong masih rendah. Gejala itu tampak pada besarnya penyandang buta huruf di negara-negara yang sedang berkembang. 

Masalah lain yang erat kaitannya dengan pendidikaa adalah lapangan pekerjaan. Negara-negara maju biasanya dapat menyediakan lapangan kerja bagi penduduknya. Di negara-negara maju sistem perekonomian berupa industri dan jasa memungkinkan tersedianya lapangan pekerjaan. 

Dari berbagai pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ledakan penduduk di suatu negara dapat mengakibatkan masalah sebagai berikut:
  • meningkatnya pengangguran;
  • lambatnya pertumbuhan ekonomi;
  • menurunnya kualitas penduduk;
  • meningkatnya kebutuhan fasilitas kesehatan, sekolah. perumahan, dan
  • meningkatnya krisis lingkungan;
  • menyempitnya areal pertanian dan pendapatan rata-rata penduduk relatif rendah;
  • meningkatnya angka kriminalitas; 



Daftar Pustaka: PT. Selangkah Maju