Daftar Organisasi Bentukan PBB

1. FAO (Food and Agriculture Organization)

FAO merupakan organisasi pangan dan pertanian. FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945. Tujuan FAO adalah meningkatkan standar gizi penduduk dunia. Markas besar FAO berkedudukan di Viale delle Terme di Caracalla, Roma, Italia.
 
2. GATT (General Agreement on Tanffs and Trade) 

GATT merupakan organisasi persetujuan umum tarif dan perdagangan. GATT berdiri pada tanggal 1 Januari 19-18.Tujuan didirikan GATT adalah mengusahakan keseimbangan perdagangan dan harga pasar dunia. Markas besar GATT di Jenewa, Swiss. 

3. IAEA (International Atoseica Energy Agency)

IAEA merupakan organhasi badan tenaga atom internasional. IAEA berdiri pada tanggal 26 Oktober 1965. IALEA bertujuan mengembangkan atom untuk tujuan damai. Markas besar LAEN Vitenna, Austria.
 
4. IBRD (International Bank for Reconstraction and Development) 

IBRD merupakan organisasi bank rekonstruksi dan pembangunan internasional. IBRD berdiri pada tangg.al 27 Deseknber 1945 dengan tujuan membantu perbaikan ekonomi dan membantuimemberi pinjaman lunak kepada negara-negara yang memerlukan. Markas besar IBRD di Wangshiton D.C. 

5. ICAO (International Civil Aviation Organanization)

ICAO merupakan organisasi penerbanpa internasional. ICAO berdiri pada tanggal 4 April 1974. Tujuan organisasi ICAO adaish mempelajari masalah-masalah dan penyeragaman peraturan penerbangan Sanasional. ICAO bermarkas di Kanada. 

6. IDA (International Development Association)

IDA merupakan perhimpunan pembangunan insessasional. IDA berdiri pada tanggal 24 September 1960. Tujuan IDA adalah mekam pembangunan ekonomi dunia melalui pinjaman dana dengan syarat 

7. IFAD (International Fund for Agricultural Development)

IFAD merupakan organisasi dana intemasional untuk pengembangan pertanian. IFAD berdiri pada tanggal 30 November 1977. Tujuan IFAD adalah memobilisasi sumber-sumber pertanian untuk meningicatkan produksi dan mutu gizi yang lebih baik. Markas besar IFAD di Roma, Italia. 

8. IFC (International Finance Corporation)

IFC merupakan organisasi koperasi keuangan internasional. IFC berdiri pada tanggal 20 Juli 1956. Tujuan IFC adalah mendorong dan merangsang pengembangan usaha swasta negara belum berkembang. Markas besar IFC di Washington, Amerika Serikat. 

9. ILO (International Labour Organization)

ILO merupakan organisasi perburuan intemasional ILO berdiri pada tanggal 11 April 1919. Tujuan ILO adalah mengusahakan keadilan sosial ekonomi dan meningkatkan taraf hidup buruh pekerja. 

10. IMCO (Intergovernment al Maritime Consultative Organization)

IMCO merupakan organisasi konsultasi maritim antarpemerintah. IMCO i berdiri pada tanggal 13 Januari 1959. Tujuan IMCO adalah memberi nasihat dan konsultasi guna memajukan kerja sama antaranggota. 

11. IMF (International Monetary Fund)

IMF merupakan organisasi dana moneter internasional. IMF berdiri pada tanggal 27 De2rnber 1945. Tujuan IMF adalah meningkatkan kerja sama moneter dan perdaganwn internasional. Markas besar IMF di Washington, Amerika Serikat. 

12. ITU anternational Telecommunication Union) 

ITU merupakan organisasi telekomunikasi internasional. ITU berdiri pada r tahun 1965. Tujuan ITU adalah mengembangkan pemerataan dan modernisasi teknik telekomunikasi dengan perlengkapan standar. ITU bermarkas di Jenewa, Swiss. 

13. UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) 

UNESCO merupakan organisasi pendidikan ilmu pengetahuan dan kebudayaan PBB. UNESCO berdiri pada tangg.al 4 November 1946. Tujuan UNESCO adalah membina keija sama internasional dalam bidang pendidikan dan ilmu parahuan. Markas besar UNESCO di Paris. Prancis. 

14. UNICEF( United Nations Children Fund)

UNICEF merupakan organisasi dana PBB untuk anak-anak. UNICEF berdiri pada tanggal 11 Desember 1946. Tujuan UNICEF adalah menolong dan menyantu-ni anak-anak yang mengalami penderitaan, baik berupa kemiskinan dan keterbela-kangan maupun karena bencana alam. 

Daftar Organisasi Bentukan PBB

 15. UPU (Universal Postal Union) 

UPU merupakan organisasi pos sedunia. UPU berdiri pada tanggal 9 Oktober 1974. Tujuan UPU adalah mengusahakan persamaan prosedur koresponden internasional untuk lebih mempercepat pengiriman. 

16. WIPO (World Intellectual Property Organization) 

WIPO merupakan organisasi hak cipta sedunia. WIPO berdiri pada tanggal 17 Desember 1974. Tujuan organisasi WIPO adalah melindungi hak cipta baik paten (penemuan teknologi) maupun hak cipta (literatur musik, film, dan karya seni lainnya) 

17. WMO (World Meteorological Organization)

WMO merupakan organisasi meteorologi sedunia. Organisasi WMO berdiri pada tanggal 23 Maret 1950. Tujuan WMO adalah mempertukarkan laporan cuaca dengan standar intemasional. 

18. WHO (World Health Organization)

WHO merupakan organisasi kesehatan sedunia. WHO berdiri pada tanggal 7 April 1948. Tujuan WHO adalah membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dunia. Markas WHO di Jenewa, Swiss. 



Daftar Pustaka: PT. Selankah Maju