Definisi Pengertian Benda dan Macam Benda Pemuas Kebutuhan

Jerih payah orang yang bekerja akan menjadi sia-sia kalau kebutuhan-nya tidak terpenuhi, atau apa yang dibutuhkannya ternyata tidak bisa ia peroleh. Apa jadinya kalau kebutuhan ingin makan tidak bisa terpenuhi karena tidak ada makanan? Tampaklah di sini bahwa kebutuhan manusia pada gilirannya harus diimbangi dengan ketersediaan benda yang dibutuhkannya. Baik kebutuhan maupun ketersediaan benda tersebut memiliki kaitan yang sangat erat. 

Berikut ini, marilah kita pahami benda pemuas kebutuhan lebih lanjut. Pertama-tama, kita akan membahas pengertian dari benda itu sendiri. Kemudian, kita akan membahas klasifikasi benda pemuas kebutuhan berdasarkan beberapa tolok ukur tertentu, dan dilanjutkan dengan bahasan mengenai kegunaannya. 

A. Pengertian Benda


Selama hidupnya, manusia tidak lepas dari banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk hidup, manusia butuh makanan, minuman, pakaian, rumah, dan banyak lagi yang lain, yang tidak perlu disebutkan satu per satu. Kebutuhan yang beraneka ragam itu dapat dipenuhi dengan benda pemuas kebutuhan, yang sudah tentu harus beraneka ragam pula

Saat membicarakan pengertian kebutuhan, kita menjumpai dua aspek kebutuhan, yakni kebutuhan akan barang dan kebutuhan akan jasa. Oleh karena itu, benda pemuas kebutuhan pun terdiri dari dua aspek, yakni barang dan jasa. 

Apakah perbedaannya? Perbedaan itu dapat kita simpulkan dari contoh-contoh sebagai berikut. Barang, antara lain berupa permen karet, kecap, sabun, kursi, dan papan tulis. Sementara jasa, antara lain berupa pekerjaan dokter, pengacara, tukang cukur, akuntan, dan notaris. 

Berdasarkan contoh tadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa barang merupakan benda pemuas kebutuhan yang berwujud, sementara jasa merupakan benda pemuas kebutuhan yang tak berwujud. 

B. Macam-macam Benda Pemuas Kebutuhan 


Keragaman kebutuhan manusia diimbangi dengan keragaman benda j pemuas kebutuhan. Keragaman benda pemuas kebutuhan ini lebih lanjut dapat kita klasifikasikan menjadi sebagai berikut :

Definisi Pengertian Benda dan Macam Benda Pemuas Kebutuhan
Di sini kita membedakan benda pemuas kebutuhan berdasarkan kadar pengorbanan yang kita keluarkan:

  • Benda Ekonomi.
Benda ekonomi adalah benda pemuas kebu-tuhan yang jumlahnya terbatas. Jadi diperlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Benda ekonomi ini umumnya berupa barang-barang sebagai alat pemuas kebutuhan primer dan sekunder.
  • Benda Bebas.
Benda bebas adalah benda pemuas kebutuhan yang diberikan oleh alam dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Contoh benda bebas ini adalah udara, sinar matahari, dan air. 

Namun perlu kita ingat, adakalanya benda bebas ini berubah status menjadi benda ekonomi. Sebagai contoh, kalau kita tinggal di daerah yang memiliki sumber air yang baik dan jernih, maka air tersebut merupakan benda bebas.

Akan tetapi, air bersih di kota umumnya diperoleh melalui jasa Perusahaan Air Minum (PAM) atau tukang air keliling. Dalam hal ini dikatakan bahwa air telah berubah menjadi benda ekonomi.



Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama