Definisi Pengertian Harga dan Peranan dalam Perekonomian

Dalam pengertian sederhana, harga adalah nilai tukar suatu barang dan jasa yang dinyatakan dengan uang. Kalau kalian membeli sebuah buku seharga Rp 9.500,00, artinya buku tersebut bernilai tukar Rp 9.500,00. Harga tersebut merupakan harga yang disepakati oleh kalian (pembeli) dan penjualnya. 

Sebelumnya, mungkin kalian melakukan tawar-menawar dengan penjualnya. Dalam ilmu ekonomi, harga pasar adalah harga yang disepakati oleh pihak penjual dan pembeli; pada harga tersebut jumlah barang dan jasa yang diminta sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Harga pasar juga dapat disebut sebagai harga keseimbangan, karena pada harga tersebut terjadi keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta.

Peranan Harga Pasar dalam Perekonomian


A. Menunjukkan perubahan kebutuhan masyarakat 

Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka harga akan meningkat. Misalnya, meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan mengakibatkan naiknya harga semen, batu bata, pasir, dan bahan bangunan lainnya.

B. Menggerakkan pengusaha untuk bereaksi terhadap perubahan permintaan

Jika harga suatu barang dan jasa meningkat, pengusaha akan tergerak untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa yang bersangkutan. Pengetahuan pola konsumsi itu amat diperlukan untuk memperkirakan berapa jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan.

Misalnya, sejalan kenaikan harga barang elektronika, pengusaha melakukan surveipendapatan, jumlah keluarga, dan sejumlah faktor lain yang menentukan pola konsumsi masyarakat. Berdasarkan hasil survei, pengusaha dapat memperkirakan berapa jumlah compo dan televisi berwarna yang harus diproduksi sesuai kebutuhan masyarakat.

C. Memengaruhi jenis dan jumlah faktor produksi yang harus disediakan

Faktor produksi seperti modal dan tenaga kerja akan banyak digunakan untuk bidang usaha yang menghasilkan barang daris jasa berharga tinggi atau yang menghasilkan laba besar. Di Belanda, misalnya, bidang usaha bunga tulip menghasilkan laba besar. Oleh karena itu, cukup banyak faktor produksi diarahkan pada bidang usaha itu. Berhektar-hektar lahan ditanami bunga tulip, dengan modal dan tenaga kerja terampil yang memadai.

Definisi Pengertian Harga dan Peranan dalam Perekonomian

 D. Membantu menentukan penawaran

Berdasarkan besarnya kenaikan harga, dapat diperkirakan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya, pengusaha angkutan kota memperkirakan jumlah kendaraan beserta sopir yang akan dikemudikan berdasarkan kenaikan tarif angkutan kota. 

E. Proses Terbentuknya Harga Pasar

Harga pasar dapat dicapai melalui proses kesepakatan antara pembeli dan penjual. Pembeli mengajukan permintaan, sedangkan penjual mengajukan penawaran. Kedua belah pihak melakukan tawar menawar.

  • Apabila harga terlalu rendah, jumlah yang diminta akan tinggi, sedangkan jumlah yang ditawarkan akan rendah. Akibatnya, muncul dorongan untuk menaikkan harga.
  • Sebaliknya, apabila harga terlalu tinggi, jumlah yang diminta akan rendah, sedangkan jumlah yang ditawarkan akan tinggi. Akibatnya, muncul dorongan untuk menurunkan harga agar barang dan jasa yang ditawarkan dapat diterima pasar.

Kedua proses tersebut berlangsung terus sampai diperoleh tingkat harga di mana jumlah barang dan jasa yang diminta persis sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Tabel di bawah ini memperlihatkan penawaran dan permintaan untuk menentukan harga dan jumlah keseimbangan.



Daftar Pustaka: Erlangga