Definisi Pengertian Indeks Harga

Penyusunan angka indeks bukanlair inovasi terbaru. Pada tahun 1764, seorang warga negara Italia bernama G. R. Carli telah dianggap sebagai orang pertama yang melaporkan angka indeks. Angka-angka indeks yang disusunnya tersebut digabungkan dalam laporan yang dibuatnya mengenai fluktuasi harga di Eropa pada tahlin 1500 sampai 1750. Saat ini, berbagai pihak seperti organisasi, lembaga, perusahaan, pemerintahan maupun individu, selalu terlibat dalam pembuatan atau paling tidak pemantauan dan analisis angka-angka in deks tertentu. 

Telah disinggung bahwa tujuan pembuatan angka indeks salah satunya adalah untuk mengukur secara kuantitatif terjadinya perubahan dalam periode waktu yang berlainan. Angka indeks dapat mengukur perubahan relatif berbagai hal, mulai dari harga, kuantitas, nilai, atau hal-hal lainnya yang menjadi pusat perhatian. Secara umum, tiga perubahan sebagai berikut dapat dianalisa dengan meng-gunakan angka indeks. 

  • Sekumpulan atau sederetan nilai sebuah karakteristik dalam waktu yang bersamaan dan tempat yang bersamaan:- Sebagai contoh, harga beras di suatu kota selama tahun 1995 sampai dengan tahun 2000, penjualan makanan ringan di sebuah swalayan dari tahun 1997 sampai dengan tahun 1999.
  • Dua buah atau lebih karakteristik pada tempat dan waktu yang sama. Sebagai contoh, pertambahan penduduk dibandingkan dengan pertambahan panen padi selama tahun 1990 sampai dengan 1995.
  • Nilai sebuah karakteristik di beberapa tempat yang berlainan pada waktu yang sama. Sebagai contoh, biaya hidup sehari-hari di kota Jakarta dibandingkan dengan biaya hidup sehari-hari di kota Surabaya pada tahun 2000.

Definisi Pengertian Indeks Harga

Secara ringkas dapat kita katakan bahwa angka indeks adalah sebuah rasio yang umumnya dinyatakan dalam persentase yang mengukur satu variabel pada suatu waktu atau lokasi tertentu relatif terhadap besarnya variabel yang sama pada waktu atau lokasi lainnya. 

Melalui angka indeks, perbandingan data-data yang tidak serupa dapat lebih mudah untuk dilakukan. Indeks juga memudahkan kita dalam membaca perubahan dalam data karena indeks dibuat dalam persen. Dengan demikian, perubahan yang terlihat besar secara absolut, akan lebih mudah untuk dipahami dan dibaca. Penyusunan Angka Indeks Beberapa persoalan penting dan perlu diperhatikan dalam penyu-sunan angka indeks adalah sebagai berikut. 



Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama