Definisi Pengertian Limbah dan Jenisnya

Pengertian Limbah merupakan sisa suatu usaha atau kegiatan. Limbah dapat saja berasal dari hasil sampingan berbagai kegiatan rumah tangga, pertanian, dan industri. Seiring dengan meningkatnya populasi penduduk, jumlah limbah yang dihasilkan juga semakin meningkat. 

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah limbah rumah tangga (sampah.) di Jakarta, pada tahun 1995, setiap harinya adalah 6.000 ton. Jumlah sampah tersebut cenderung menirigkat 7% setiap tahunnya.

Peningkatan jumlah sampah setiap tahunnya tentu memerlukan penyediaan lokasi yang luas untuk tempat pembuangan sampah. Akan tetapi, usaha pengadaan tempat pembuangan sampah tersebut bukanlah urusan yang mudah. 

Sebab, banyak persyaratan kesehatan yang harus dipatuhi dan sulitnya mencari lahan yang tepat dengan harga yang terjangkau oleh manusia. Di lain pihak, teknologi tinggi dengan biaya yang tinggi tidak menjamin dapat memusnahkan sampah yang ada.

A. Jenis-Jenis Limbah


Pada umumnya, limbah dapat dikelompokkan atas organik, limbah anorganik, dan limbah berbahaya:

  • Limbah Organik
Limbah organik merupakap jenis limbah yang berasal dari bahan orpnik, baik tumbuhan maupun hewan Limbah Orzanik tergolong limbah yang mudah terurai melalui proses alami. Contoh limbah, organik yang paling dikenai adalah sampah. Misalnya, berupa sisa sayuran, minyak, kulit, buaii-buahan, dan daun.

  • Limbah Anorganik
Limbah anorganik merupakan jenis limbah yang berasal dari alam. Limbah anorganik tergolong limbah yang sulit atau tidak dapat diuraikan. Contoh limbah anorganik adalah besi, kaca, dan plastik.

  • Limbah Berbahaya
Limbah berbahaya merupakan jenis limbah yang berasal dari bahan kimia. Limbah berbahaya sering kali menimbulkan efek racun bagi kebanyakan makhluk hidup. Contoh limbah berbahaya adalah oli bekas, pestisida, dan air aki.

Definisi Pengertian Limbah dan Jenisnya

B. Pemanfaatan Limbah Secara Langsung


Sebagian limbah ada yang dakat, dimanfaatkan kernbali tanpa mengalami proses daur ulang. Artinya, limbah tersebut dapat dimanfaatkan secara langsung. Berikut ini beberapa macam limbah yang dapat dimanfaatkan secara langsung:

  • Ampas tahu
Ampas tahu dapat digunakan sebagai bahan makanan ternak. Limbah tersebut biasanya mengandung gizi tinggi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak.
 
  • Eceng gondok
Eceng gondok merupakan limbah yang terdapat diperairan. Eceng gondok dapat dimanfaatkan untuk pembuatan barang kerajinan, seperti tas.
 
  • Sampah organik
Contoh sampah organik adalah daun-daunan clan kotoran ternak. Kedua jenis sampah itu dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Keuntungan pemakaian pupuk organik adalah tidak merusak kesuburan tanah.



Daftar Pustaka: Yudhistira