Definisi Pengertian Pendapatan Nasional

Pada konteks ekonomi makro, tolak ukur keberhasilan perekonomian suatu negara antara lain adalah pendapatan nasional, pendapatan per kapita, tingkat kesempatan kerja, tingkat harga, dan posisi neraca pembayaran luar negeri. 

Suatu negara dikatakan baik perekonomiannya apabila pendapatan, pendapatan per kapita, tingkat kesempatannya tinggi, tingkat harga stabil, dan neraca pembayarannya surplus. Pada bab ini kita akan membahas salah satunya, yaitu mengenai pendapatan nasional sebagai indikator pertama stabilitas ekonomi makro.

Definisi Pengertian Pendapatan Nasional

Definisi Pendapatan Nasional Untuk memahami mengenai pendapatan nasional, kita lebih dahulu perlu memahami dasar pemikiran yang ada di balik konsep tersebut. Caranya melalui penyederhanaan arus lingkaran output, pengeluaran, dan pendapatan antara perusahaan dan rumah tangga. Simaklah bagan pada Peraga 7.1! 

Andaikan kegiatan ekonomi suatu negara dapat disederhanakan seperti pada Peraga 7.1. Perusahaan memproduksi barang dan jasa yang disebut dengan istilah output nasional atau produk nasional. Kemudian, perusahaan menjual barang dan jasa ke sektor rumah tangga. Pengeluaran rumah tangga untuk membeli barang dan jasa tersebut dinamakan pengeluaran nasional (gambar anak panah di tengah bagan). 

Dari hasil penjualan barang dan jasa, perusahaan harus membayar balas jasa terhadap faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa rersebut. Pendapatan yang diterima rumah tangga atas jasa faktor produksi dinamakan pendapatan nasional (gambar sanak panah di kanan bagan). 

Definisi Pengertian Pendapatan Nasional

Berdasarkan tiga konsep di atas, yaitu produk nasional, pengeluaran nasional, dan pendapatan nasional, dapat disimpulkan bahwa nilai barang dan jasa yang dihasilkan (output nasional) sama. dengan pengeluaran untuk membeli barang dan jasa tersebut (pengeluaran nasional). 

Selain itu, nilai barang dan jasa tersebut juga sama dengan pendapatan yang diterima faktor-faktor produksi dalam perekonomian (pendapatan nasional). Dari sini kita dapat mendefinisikan pendapatan nasional melalui tiga pendekatan sebagai berikut. 

  • Nilai pasar barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam suatu periode tertentu (satu tahun);
  • Jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa dalam satu tahun;
  • Jumlah pengeluaran nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan.


Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama