Definisi Pengertian Sistem Ekonomi Komando dan Kelebihannya

Pengeritan Sistem ekonomi komando ini disebut juga dengan sistem ekonomi terpusat atau tersentralisasi. Dalam sistem komando, jumlah dan jenis barang yang harus diproduksi ditentukan oleh pemerintah. Pemerintah mengatur dan merencanakan alternatif penggunaan faktor produksi yang terbatas. 

Sebagai contoh, jika pada masa tertentu dibutuhkan banyak mesin traktor, maka faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang lain (misalnya mobil) dialihkan untuk memproduksi traktor. Pada sistem komando biasanya dibentuk badan perencana ekonomi pusat. 

Badan itu akan menentukan jenis dan jumlah barang-barang yang harus dihasilkan oleh berbagai unit produksi yang ada dalam negara itu. Itulah mengapa sistem komando memungkinkan pemerintah untuk menyusun dan menyelenggarakan program-program besar dan bersifat massal.

Menurut sistem ini, pemerintah mempunyai kekuasaan yang besar terhadap faktor-faktor produksi karena sebagian besar modal dan alat produksi dimiliki oleh pemerintah. Seluruh kegiatan ekonomi diatur dan dikendalikan oleh pemegang kekuasaan (pemerintah). 

Pemerintah mendata kebutuhan-kebutuhan masyarakatnya dan mengatur penggunaan alat-alat pemuas kebutuhan, produksi, dan pendistribusiannya. Kegiatan-kegiatan pemerintah tidak selalu didasarkan pada usaha untuk mencari keuntungan atau mencapai tingkat efisiensi yang tinggi. 

Keadaan tersebut memungkinkan pemerintah untuk menggunakan semua tenaga kerja yang terdapat dalam perekonomian dan mentolerir pengangguran tersamar atau orang yang bekerja hanya beberapa jam sehari. Dengan demikian, pada sistem komando, pengangguran dapat dihapuskan dan distribusi pendapatan lebih mudah disesuaikan dengan yang dikehendaki.

Sistem ekonomi komando memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut.
  • Pemerintah bertanggung jawab penuh terhadap perekonomian.
  • Relatif mudah melakukan pemerataan pendapatan dan pengen-dalian harga.
  • Relatif mudah menentukan dan melaksanakan produksi dan distribusi barang.
  • Pengangguran dapat dieliminasi.

Definisi Pengertian Sistem Ekonomi Komando dan Kelebihannya

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, sistem ini juga memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut.
  • Kurang menghargai dan memperhatikan karya cipta pribadi atau perseorangafi. Setiap orang harus menerima dan menjalankan semua keputusan yang diambil oleh pemerintah, tanpa mempersoalkan apakah orang itu setuju atau tidak.
  • Konsumen tidak selalu memperoleh barang dan jasa yang sesuai dengan keinginan. Pemerintah memutuskan apa yang harus diproduksi, dan ini belum tentu sama dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat.
  • Pemerintah pada praktiknya mengalami kesulitan untuk meng-hitung semua kebutuhan masyarakat dan besarnya biaya kegiatan produksi secara terpusat, karena keseluruhan masalah pereko-nomian sebenarnya sangat kompleks.



Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama