Definisi Pengertian Sungai, Alur dan Muara Sungai

Pengertian Sungai adalah sistem jaringan air yang terbentuk secara alami dipermukaan bumi yang membentuk suatu pola aliran. Sumber air sungai berasal dari air hujan, air tanah, dan gletser. Ada beberapa istilah yang terkait dengan sungai, yaitu sebagai berikut:

Alur sungai adalah bagian cekungan sungai yang dialiri air dimulai dari hulu sampai hilir. Alur sungai tersebut bisa berisi air bisa tidak. Pada musim hujan, alur sungai selalu berisi air, tetapipada musim kemarau alur sungai mungkin menjadi kering. Contohnya adalah sungai-sungai di wilayah NTT. 

Daerah Aliran Sungai (DAS) yaitu wilayah tangkapan air hujan yang berfungsi menerima, menyimpan, dan mengalirkan air hujan ke dalam suatu sistem jaringan sungai.

Hulu sungai adalah bagian tertinggi dari alur sungai dan merupakan awal sumber air yang masuk ke sungai. Hilir sungai adalah bagian alur sungai yang terendah dan paling dekat dengan muara sungai. Regim sungai adalah perbedaan batas maksimum air sungai pada musim hujan dan batas minimum air sungai pada musim kemarau. Debit air sungai adalah jumlah air yang mengalir pada suatu lokasi tertentu di sebuah sungai per satuan waktu (m3/detik).


Definisi Pengertian Sungai, Alur dan Muara Sungai
Muara sungai adalah lokasi terakhir air sungai mengalir ke laut atau ke danau atau ke sungai lain. Gradien sungai adalah penampang memanjang sungai yang menunjukkan perbedaan kemiringan antara titik terendah(muara) dengan titik tertinggi sebuah sungai (hulu). 

Profil sungai adalah kurva yang memperlihatkan hubungan antara jarak dan permukaan dasar sungai yang diukur sepanjang sungai, dimulai dari muara sampai ke hulu sungai. Penampang melintang sungai di hulu biasanya berbentuk V cembung, sedangkan bagian pertengahan memiliki penampang V lurus dan penampang muara berbentuk V cekung.

Daftar Pustaka: Bumi Aksara