Defnisi Pengertian Pajak dan Peranannya

Satu sumber utama pendapatan negara yang paling besar adalah dari penarikan pajak. Jumlahnya yang sangat besar membuat pajak sebagai sumber dana yang terpenting bagi pemerintah. Tanpa menarik pajak, negara kita akan mengalami kesulitan untuk melaksanakan program pembangunan. 

Untuk lebih memahami pentingnya pajak, kita akan mempelajari pajak sebagai sumber pendapatan negara, fungsi-fungsi pajak lainnya, serta contoh sederhana pajak dalam keluarga. 

A. Pengertian Pajak

Ketika mempelajari sumber-sumber pendapatan negara, kalian telah memahami pengertian pajak. Dalam bagian ini kita akan membahas peranan pajak bagi negara atau pemerintah. Pajak merupakan sumber utama pendapatan negara. Terlebih-lebih negara kita saat ini sudah tidak dapat lagi terlalu menggantungkan pada ekspor migas. Mengapa demikian? Sebabnya adalah sebagai berikut:

1. Tambang migas suatu saat nanti akan habis. Oleh sebab itu, sumber alternatif pendapatan negara di luar ekspor migas harus dicari.
2. Dalam pasar internasional harga barang hasil tambang migas memiliki kecenderungan selalu menurun dari tahun ke tahun. 

Hal itu terjadi karena negara-negara maju banyak yang menggunakan sumber energi alternatif selain minyak dan gas. Oleh sebab itu, dalam jangka panjang tidak menguntungkan bagi negara kita jika kita masih terlalu mengandalkan ekspor migas. Sebagai alternatifpengganti, pajak harus menjadi andalan utama pendapatan negara. 

Defnisi Pengertian Pajak dan Peranannya

B. Peranan Pajak bagi Pendapatan Negara

Untuk mengetahui betapa besar peranan pajak bagi pendapatan negara, perhatikan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Republik Indonesia Tahun 2006 menggambarkan sumber-sumber pendapatan negara tahun 2006 dan 2007. Dari pendapatan total, 65%-nya berasal dari pajak. 

Jadi, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pajak memberi sumbangan yang sangat besar terhadap pendapatan negara kita. Dari segala jenis pajak yang ada, Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan sumber utama bagi pendapatan dalam negeri. Oleh karena itu, jika ada orang yang berusaha menghindarkan diri dari kewajiban untuk membayar pajak penghasilan, sungguh orang tersebut sangat merugikan negara. 


Daftar Pustaka: Erlangga