Faktor Faktor yang Mempengaruhi Wirausaha

Keinginan kantor Mentri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk menciptakan 20 juta usaha kecil menenegah baru pada tahun 2020 harus ditanggapi positif dan didukung oleh seluruh aparatur pemerintah  sehingga UKM bisa berkembang lebih pesat. 

Membangun Usaha Kecil dan Menengah (UKM)sam dengan membangun ekonomi Indonesia.Katakanlah UKM memperkerjakan lima orang, maka 20 juta UKM akan menyerap lebih dari 100 jt tenaga kerja.Hal itu tidak bias dilakukan perusahaan besar.

Mengigat dampaknya yang demikian besar, maka kebijakan ekonomi ke depan harus didesain pula kea rah penguatan UKM dan pembangunan wirausaha baru,khususnya dalam bentuk UKM,sehingga jumlah pengganguran dan angka kemiskinan bias lebih ditekan.

Untuk itu penting,kiranya bila pemerintah mendisain program yang jelas dan tepat sasaran serta mencanangkan penciptaan 20jt UKM sebagai program nasional. Sebagai langkah awal pemerintah perlu melakukan promosi besar untuk mengarahkan masyarakat bahwa wiraswasta itu mempunyai kedudukan sama muliannya dengan menjadi pegawai pemerintah ataupun TNI. Setelah termotivasi baru dilakukan berbagai pelatihan,terutama pelatihan pemasaran,bagaimana agar UKM bias mengakses pasar.

Pada tahun 2003 perekonomian nasional kita tumbuh 4,1 % Yang mengagumkan, sekitar 2,4 % Pertumbuhan itu disumbangkan oleh aktifitas usaha di sektor kecil dan menengah. Karena itu tidaklah a di mengherankan kalau UKM disebut seb lan un un erekonomian Indonesia. 

Boleh dikatakan, memba UKM adalah identik dengan membangun Indonesia. Sebab ada sekitar 80 juta orang Indonesia yang bekerja di sektor ini. Dengan kata lain, membangun UKM  dengan membangun sumber penghidupan yang saat ini dinikmati oleh 80 juta lebih orang Indonesia. 

Tahun 2020  adalah masa yang menjapLikan  begitu banyak peluanang mereka yang kreatif. Namun tentu saja semua itu tak mungkin kita capai hanya dengan berpangku tangan atau hanya dengan bekerja sekenanya. Jalan menuju cita-cita mulia kita tak akan pernah mudah. Pertama-tama kita harus mempunyai fokus dan mengenal arah pembangunan ekonomi serta untuk siapa pembangunan kita? 

Jenderal. Omar Bradley, salah seorang pahlawan dalam Perang Dunia Kedua yang menaklukkan Hitler dan Mussolini , pernah berkata, "Setyour course by the stars, not by every passing ship". Peraih keuntungan pembangunan ekonomi Indonesia haruslah rakyat Indonesia. Sebanyak 80 juta orang lebih yang kehidupannya tergantung pada jatuh bangunnya sektor usaha kecil dan menengah. Merekalah sasaran pembangunan kita. Seperti lagu. kebangsaan Indonesia :Marilah kita bangun jiwa raganya. 

Untuk itu, ada dua strategi kebijakan industrial yang bisa ditempuh bangsa kita yaitu menciptakan ildim investasi yang kondusif dan menciptakan kemitraan antara pemerintah dan pihak swasta. Telah terjadi ledakan informasi yang sedemilan rupa. Siapa pun asal berkemauan keras, rajin, ulet, bisa mendapatkan informasi yang mereka mau dan butuhkan untuk tahu dan menangkap peluang yang diciptakan oleh zaman ini. 

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Wirausaha

Semangat kewirausahaan perlu sekali dimas arakatkan dan dibudayakan pada khususnya adalah.
  • Kemauan kuat untuk berkarya (terutama dalam bidang ekonomi) dengan semangat mandiri.
  • Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil risiko.
  • Kreatif dan inovatif.
  • Tekun, teliti, dan produktif.
  • Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat. 

Adapun cirieciri wirausahawan adalah.
  • Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mencari penghasilan dan keuntungan melalui berbagai upaya.
  • Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melakukan apa saja yang perlu untuk memanfaatkannya.
  • Mau dan mampu bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan jasa serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.
  • Mau dan mampu berkomunikasi tawar menawar dan musyawarah dengan berbagai pihak yang besar pengaruhnya pada kemajuan usaha terutama para pembeli /1ngganan.
  • Menghadapi hidup dan menanggani usaha dengan terencana, jujur, hemat dan disiplin.
  • Mencintai kegiatan usahanya serta lugas dan tangguh dan luwes dalam melindunginya.



Daftar Pustaka: Yudhistira