Fungsi Tugas dan Tanggung Jawab dalam Tim

Pemberian tugas kepada setiap anggota tim sangat penting dan harus dilakukan. Tanpa adanya tugas maka setiap orang yang berada dalam satu tim tidak dapat bekerja dengan baik, karena tidak jelas apa yang harus dilakukan. Tugas sangat berkaitan erat dengan wewenang dan tanggung jawab. 

Berikut pengertian dari tugas, wewenang, dan tanggung jawab menurut kamus Besar Bahasa Indonesia. Tugas artinya yang wajib dikerjakan atau yang ditentukan untuk dilakukan; pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang, pekerjaan yang dibebankan.

Wewenang artinya hak dan kekuasaan untuk bertindak; kekuasaan membuat keputusan, memerintah dan melimpahkan tanggung jawab kepada orang lain. Tanggung jawab Untuk lebih memahami perbedaan antara tugas, wewenang, dan tanggung jawab, perhatikan contoh tugas, wewenang, dan tanggung jawab seorang sekretaris berikut.

1. Tugas sekretaris antara lain sebagai berikut:

• Mengatur jadwal kegiatan pimpinan.
• Menangani surat masuk dan keluar.
• Menangani kearsipan.
• Mengatur pertemuan rapat.
 
2. Wewenang sekretaris antara lain sebagai berikut:

• Meminta bawahan lain untuk bekerja sama menangani masalah kesekretarisan.
• Menggantikan sebagian tugas atasan bila atasan sedang tidak ada di tempat.
• Mengerjakan tugas/wewenang yang telah diberikan oleh atasan.
 
3. Tanggung jawab sekretaris adalah sebagai berikut:

• Memastikan semua yang diperlukan oleh pimpinan telah tersedia.

Contoh di atas adalah hanya salah satu tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari seorang sekretaris yang juga merupakan salah seorang karyawan dari sebuah perusahaan. Jika perusahaan diibaratkan sebagai sebuah tim yang besar, maka sekretaris merupakan salah satu anggota tim tersebut.

Untuk mencapai suatu keberhasilan sebagai tujuan perusahaan, tidak bisa hanya bergantung kepada satu orang saja (hanya sekretaris). Namun keberhasilan itu juga ditentukan oleh para karyawan lain di dalam perusahaan.

Sebagus apapun strategi yang diterapkan oleh pimpinan, dengan para karyawan terbaik yang berpengalaman, tetapi jika tidak saling mendukung antara seluruh karyawan, maka keberhasilan sangat sulit diraih. Pada dasarnya setiap orang yang tergabung dalam satu tim, mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan, dan tugas yang diberikan. Sebagai bagian dari sebuah tim kerja ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

Fungsi Tugas dan Tanggung Jawab dalam Tim


A. Tugas dan Tanggung Jawab sebagai Anggota Tim
Tugas dan tanggung jawab sebagai anggota tim, antara lain sebagai berikut.
  •  Mengembangkan visi dan misi dari sebuah tim
Visi adalah pandangan atau gambaran yang ingin dicapai oleh tim pada masa depan sedangkan misi adalah hal-hal yang harus dilaksanakan oleh sebuah tim untuk mencapai tujuan seperti yang disampaikan dalam visi sebuah tim. Contoh: Sebuah Perusahaan Maskapai penerbangan memiliki visi dan misi sebagai berikut. Visi : Menjadi perusahaan penerbangan terbaik di Asia. Misi : Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. 

a. Memberikan jadwal penerbangan yang tepat waktu.
b. Menjaga rahasia, prestise, dan nama baik tim.
c. Taat terhadap aturan yang telah ditetapkan tim.
d. Menjalin kerja sama yang baik dengan rekan kerja tim.
e. Mempunyai loyalitas kepada tim.
f. Melakukan seluruh pekerjaan yang menjadi tugasnya masing-masing dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

  • Tugas dan Tanggung Jawab sebagai Pemimpin Tim
Tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin tim, antara lain sebagai berikut.
a. Selalu memberikan contoh yang baik mengenai sikap, tindakan, dan perbuatan kepada bawahan.
b. Selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada bawahan.
c. Memberi perhatian dan tanggapan tentang semua persoalan yang ada dalam tim, baik berdasarkan pengamatan sendiri maupun berdasarkan laporan dari bawahan.
d. Bertanggung jawab penuh terhadap semua kegiatan yang dilakukan oleh tim. Manusia secara alamiah mengalami tahap-tahap perkembangan dalam kehidupannya, mulai sejak dalam kandungan, lahir, masa kanak-kanak, remaja, dewasa sampai meninggal dunia.


Daftar Pustaka: Erlangga