Hakikat Kebijakan Publik

Kegiatan belajar selanjutnya, coba anda perhatikan ceritera atau kasus di bawah ini secara seksama! Pak Badrun sebagai kepala keluarga dalam menjalankari roda rumah tangganya telah mengeluarkan, kebijakan berupa pembagian tugas-tugas da.lam rumahnya. 

Adapun pendistribusian tugas tersebut adalah sebagai berikut Ane sebagai anak tertua yang telah berusia 21 tahun diberi tugas berbelanja ke pasar dan memasak pada pagi hari sebelum berangkat ke kampus. Sementara Andre anaknya ya.ng nomor dua dan berusia 17 tahun diberi tugas menyapu halaman rumah dan mengisi bak mandi. 

Sedangkan si bungsu Ani yang berusia 13 tahun diberi tugas membereskan tempat tidur. Untuk mengawasi pelaksanaan tugas-tugas tersebut dipercayakan kepada Ibu Badrun. Sementara Pak Badrun bertugas mencari nafkah. 

Setelah kalian mendiskusikan masalah-masalah tersebut, sekarang coba cermati uraian berikut ini: Kebijakan publik mencakup hukum, peraturan, perundang-undangan, keputusan, dan pelaksanaan yang dibuat oleh Lembaga eksekutif, legisltaif dan yudikatif, Birokrasi pemerintahan, Aparat penegak hukum; dan Badan-badan pernbuat keputusan publik lain. 

Dengan demikian semua.kebijakan, yang berkaitan dengan hukum manapun, peraturan perundangan lainnya yang ditujukan untuk kepentingan mas3rarakat dan dibuat oleh lembaga yang berwenang dinamakan kebijakan publik.

Untuk menambah wawasan kalian tentang pengertian kebijakan publik, eberikut ini dikutipkan beberapa definisi sebagai berikut : 

Hakikat Kebijakan Publik

Selanjutnya kalian perhatikan gambar 9, dalam bidang apakah lembaga tersebut mengeluarkan kebijakan publik? Kebijakan publik yang telah disahkan oleh lembaga berwenang, baik di tingkat pusat (nasional), Provinsi, Kota, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan atau Desa hanya akan menjadi tulisan-tulisan yang tidak bermakna sama sekali, jika tidak diterapkan di masyarakat. 

Tujuan penerapan kebijakan publik ialah agar sesuatu yang telah digariskan tersebut bukan hanya? bersifat abstrak belaka, suatu namun menjadi yang terealisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Pelaksanaan kebijakan publik melibatkan berbagai komponen, seperti manusia, dana, dan sarana serta prasarananya sosialisasi kebijakan publik dapat dengan menggunakan berbagai media, baik yang bersifat elektronik, seperti melalui internet, email, TV, dan radio maupun secara manual, misalnya melalui spanduk, selebaran, surat kabar atau dalam bentuk pengumpulan massa dalam suatu tempat.


Daftar Pustaka: PT. JePe Press Media Utama