Hubungan Indeks Harga dan Inflasi

Pada tahun 1996-1997, Indonesia mengalami goncangan ekonomi dahsyat yang sering disebut dengan krisis ekonomi. Seluruh bangunan perekonomian yang dimiliki Indonesia terguncang hebat. Lembaga keuangan banyak yang bangkrut, produksi nasional turun, dan harga terus membumbung tinggi. 

Pada kesempatan kali ini kita akan memfokuskan diri pada inflasi. Akan tetapi, sebelum masuk pada inflasi, pembahasan akan diawali dengan indeks harga, karena indeks harga merupakan salah satu dasar penghitungan yang digunakan untul( menentukan inflasi suatu negara. 

Dari waktu ke waktu, suatu perekonomian pasti selalu mengalami kemajuan atau kemunduran. Di suatu saat, produksi meningkat, tetapi di saat lain menurun. Begitu pula dengan keuntungan perusahaan, harga barang, dan biaya hidup maupun pendapatan nasional. 

Untuk melakukan perbandingan antara variabel yang sama (misal: produksi, keuntungan, harga, dan sebagainya) dalam dua waktu yang berbeda, diperlukanlah sebuah angka indeks. Melalui angka indeks, kita dapat mengetahui maju mundurnya suatu usaha atau kegiatan, naik turunnya pendapatan, harga, dan sebagainya. 

Bayangkan jika kita dihadapkan pada data sebagai berikut. Penjualan eceran pada tahun 2001 adalah Rp 200.000.000,00 dan penjualan pada tahun 2003 adalah Rp 250.000.000,00. Peningkatan sebesar Rp 50.000.000,00 itu nampaknya sangatlah besar. 

Hubungan Indeks Harga dan Inflasi

Namun jika penjualan pada tahun 2003 tersebut dinyatakan dalam sebuah indeks berdasarkan penjualan tahun 2001, ternyata peningkatannya tersebut kurang dari 1 persen saja. Melalui pembuatan angka indeks, kita dapat mengukur secara kuantitatif terjadinya perubahan dalam periode waktu yang berlainan, antara lain indeks harga untuk mengukur perubahan harga, indeks produksi untuk mengetahui perubahan kegiatan produksi, indeks biaya hidup untuk mengukur tingkat inflasi, dan sebagainya. 

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan angka indeks? Sejauh manakah pentingya angka indeks? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada bab ini kita akan membahas secara lebih rinci mengenai pengertian, peranan, jenis, serta cara penyusunan angka indeks. Pembahasan akan lebih dikhususkan pada angka indeks yang paling banyak mendapatkan perhatian dari pemerintah, masyarakat umum, dan pengusaha, yaitu indeks harga.



Daftar Pustaka: PT. Phibeta Aneka Gama